Cegah Abrasi Pantai Kendal, HMPS Undip Tanam 2.000 Bibit Bakau

Salah satu mahasiswa menanam bakau di pantai Desa Kartika Jaya, Kecamatan Patebon, Kendal, Minggu (11/10/2020).

 

HALO KENDAL – Himpunan Mahasiswa Program Studi DIII Perpustakaan dan Informasi (HMPS D3 Perpin) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, melaksanakan penanaman 2.000 bibit bakau di pantai Desa Kartika Jaya, Kecamatan Patebon, Kendal, Minggu (11/10/2020).

Ketua HMPS D3 PERPIN, Debib Fatwa Syiam mengatakan, penanaman bakau di samping memperingati Dies Natalis Perpin, juga untuk menjaga kelestarian dan mencegah abrasi di pantai Kartika Jaya Patebon.

“Kegiatan ini rangkaian dari acara Dies Natalis Perpin ke-23 yang jatuh pada tanggal 16 September 2020 bulan lalu, yang dilakukan oleh puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Kendal (Imaken) Undip,” terangnya.

Dikatakan Debib, penanaman bakau ini diikuti berbagai relawan, perwakilan dari Imaken Pusat, kemudian Karang Taruna Desa Kartika Jaya, dan Komunitas Lindungi Hutan Kendal.

“Demi menjaga kelestarian mangrove dan mencegah abrasi yang melanda kawasan pesisir pantai utara (Pantura) Kabupaten Kendal, yang semakin memprihatinkan, kami ajak teman-teman untuk tanam mangrove di sini,” jelas Debib.

Debib berharap, dengan kegiatan ini ekosistem mangrove di Pantai Kartika Jaya semakin asri serta dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa dari berbagai kampus lainnya.

“Kegiatan semacam ini, semoga dapat menginspirasi kampus yang lain untuk senantiasa melakukan konservasi lingkungan sekaligus menebar semangat implementasi literasi di ranah lingkungan pesisir pantai,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Lindungi Hutan Kendal, Febriyanto Cahyo Prakoso mengapresiasi kegiatan rekan mahasiswa Undip, yang telah membantu memperbaiki ekosistem mangrove di Pesisir Pantai Desa Kartika Jaya Kendal.

“Kegiatan yang diadakan teman-teman mahasiswa HMPS D3 Perpin Undip sangatlah bagus, dan bisa ditiru kampus lain, sehingga bisa membantu mencegah abrasi pantai,” ungkapnya. (HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.