Cegah Abrasi, 500 Pohon Ditanam di Pantai Pening Kendal

Kegiatan penanaman pohon cemara dan sawo kecik di sekitar Pantai Pening Kendal, Rabu (26/8/2020) pagi.

 

HALO KENDAL – Dalam rangka pembinaan lingkungan hidup dan menciptakan wilayah pesisir yang asri, nyaman, dan dapat dirasakan oleh masyarakat, sebanyak 500 tanaman cemara dan sawo kecik ditanam di sekitar Pantai Pening, Kendal, Rabu (26/8/2020) pagi.

Acara yang digelar di wilayah Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung ini, dihadiri oleh Camat Kangkung, Ardi Prasetyo, Danramil Cepiring, Kpt Esti Purwanto, Danramil Rowosari, Kpt Inf Sardi, Kapolsek Kangkung, Iptu Guntoro, Pasiter Kodim 0715 Kendal, Kpt Inf Budi Cahyo Kurdianto, Danramil Pageruyung, Kpt inf Sutejo dan beberapa pejabat lain, serta masyarakat Sendang Kulon.

Komandan Kodim 0715 Kendal, Letkol Inf Iman Widhiarto melalui Danramil Cepiring, Kapten Esti Purwanto mengatakan, tujuan utama penanaman pohon cemara ini untuk mencegah abrasi.

“Maka sangatlah cocok pohon ini ditanam di pinggir pantai untuk mencegah abrasi, sekaligus sebagai pagar pantai,” kata Danramil Cepiring, Kapten Esti.

Disampaikan, pohon cemara ini memiliki daya tahan yang sangat bagus terhadap air laut serta tahan terhadap guncangan angin.

“Selain untuk mencegah abrasi, dengan adanya pohon cemara laut yang ditanam di pesisir pantai ini, maka akan menciptakan lingkungan yang asri dan rasa sejuk, karena pohon ini memiliki daun yang rimbun. Sehingga mampu membuat daerah sekitar pantai menjadi lebih hijau,” terang Kapt Esti.

Dalam acara penanaman pohon, Kodim 0715/Kendal menyiapkan 500 bibit tanaman, yang terdiri 400 bibit cemara laut dan 100 bibit tanaman sawo kecik.(HS).

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.