Cedera yang Justru Disyukuri Barcelona

Philippe Coutinho/dok.

 

HALO SPORT – Pemain cedera biasanya diratapi oleh timnya. Namun, yang terjadi pada Philippe Coutinho malah sebaliknya.

Phil, sapaan akrab gelandang Brasil berusia 28 tahun itu, mengalami cedera lutut saat timnya, Barcelona, ditahan Eibar 1-1 dalam lanjutan LaLiga (Liga Primer Spanyol) di Camp Nou, 29 Desember lalu.

Cedera ini justru bisa menjadi kabar menyenangkan bagi manajemen Barca. Sebaliknya, cedera Phil merupakan berita buruk bagi mantan klubnya, Liverpool.

Penampilan Phil sejauh ini memang belum sesuai ekspektasi. Itu kian memburuk lantaran mantan pemain Vasco da Gama dan Inter Milan itu mengalami cedera meniskus lateral di lutut kirinya.

Phil perlu menjalani operasi. Menurut diagnosis awal, dia bisa absen paling tidak empat bulan.

Manajemen klub Catalan memang ingin segera melego Coutinho karena enggan membayar bonus penampilan buat Liverpool. Seperti dilansir dari Marca, Barca dan The Reds diketahui memiliki perjanjian dalam kontrak Phil.

Jika Coutinho menembus 100 penampilan bersama La Blaugrana, maka dana sebesar 20 juta euro (sekitar Rp 346 miliar) wajib disetor kepada Liverpool sebagai tambahan bonus performa.

Saat ini Phil telah tampil sebanyak 90 kali bersama Los Cules di semua ajang kompetitif. Mengingat kondisi ekonomi klub yang tidak memungkinkan untuk memberi bayaran ekstra ke Si merah, maka sebelum Coutinho mencapai 100 penampilan, dia harus dijual.

Dengan cedera Coutinho, Barca tak akan membayar bonus penampilan senilai 20 juta euro kepada Liverpool. Manajemen Los Azulgrana tampaknya bakal menunggu hingga musim panas 2021 untuk melepas anggota Timnas Brasil ini.

Sejumlah tim Liga Primer Inggris dikaitkan dengan kepindahan Phil termasuk Liverpool. Dia tak menampik kemungkinan dirinya kembali ke Premier League.

‘’Memiliki kesempatan bermain untuk tim seperti Liverpool akan selalu menjadi sesuatu yang saya syukuri,’’ ujar Phil ketika menjawab pertanyaan soal kemungkinan comeback ke Premier League.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.