Cara Unik Herviano Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan Di Kendal

Sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang digelar anggota Komisi V DPR/MPR RI dari PDI Perjuangan, Mochamad Herviano Widyatama, di salah satu Agro wisata Kendal, Sabtu (3/10/2020).

 

HALO KENDAL – Ada yang berbeda dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang digelar anggota Komisi V DPR/MPR RI dari PDI Perjuangan, Mochamad Herviano Widyatama, di salah satu Agro wisata Kendal, Sabtu (3/10/2020).

Dirinya mengajak peserta menebak lagu dan bernyanyi. Ada lagu kebangsaan, ada juga lagu-lagu yang dipopulerkan oleh penyanyi dan groub band terkenal. Seperti God Bles, Gombloh, Hervey Malaiholo dan lainnya.

Tak ayal, peserta pun, sering bernyanyi bersama setelah bisa menjawab tebakan lagu yang dilontarkan oleh pembawa acara. Suasana pun menjadi heboh.

Herviano yang akrab disapa Vino tersebut, adalah anggota DPR RI dari dapil 1 Jawa Tengah, yang meliputi Kota Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang dan Kabupaten Kendal.

Pada kesempatan itu, melalui video conferm, mas Vino sapaan akrabnya, mengatakan, empat pilar kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru).

“Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh maka bangunan akan mudah roboh,” terang Vino.

Empat pilar disebut juga fondasi atau dasar yang menentukan kokohnya bangunan. Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat.

“Agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana,” jelasnya

Di samping itu, lanjut Vino, bisa menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

“Konsep Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara itu, terdiri dari Pancasila, UUD 1945 , NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ungkapnya.

Dijelaskan, sosialisasi empat pilar kebangsaan dengan mengajak peserta bernyanyi bersama lagu nasionalisme, supaya lebih rilek sehingga bisa memahami materi.

“Saya ingin, masyarakat Kendal bisa menjadi masyarakat yang Pancasilais, dan pembangunan kerakyatan bisa terwujud dengan baik,” imbuh Vino.

Dia juga menjelaskan, sosialisasi empat pilar kebangsaan dilakukan secara online, karena masih dalam musim pandemi.

“Saya berharap, pandemi segera bisa hilang dari Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia bisa beraktivitas seperti biasa,” pungkas Vino dalam sambutan virtualnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kendal, Suyuti, yang juga hadir dalam acara sosialisasi 4 pilar kebangsaan, mengaku bangga dengan Herviano, karena bisa ikut membangun daerah di Dapil 1, terutama Kendal melalui aspirasinya.

“Ada banyak pembangunan di Kendal yang sudah terelisasi dari program aspirasinya mas Vino. Seperti jembatan, jalan, irigasi dan rumah layak huni,” terangnya.

Terkait dengan hal itu, panitia penyelenggara 4 pilar kebangsaan di Kendal, Trisminah, mengatakan, sedikitnya ada 150 peserta yang mengikuti acara sosialisasi 4 pilar kebangsaan secara online.

“Peserta yang mengikuti acara sosialisasi empat pilar kebangsaan kita adakan secara online dengan mentaati protokol kesehatan Covid-19.” jelas Trisminah.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.