in

Capaian Baru 27 Persen, DPC PA GMNI Klaten Gelar Vaksinasi Booster

Bupati Klaten Sri Mulyani meninjau vaksinasi booster yang diselenggarakan DPC PA GMNI Kabupaten Klaten, di aula Kecamatan Delanggu, Sabtu (23/4/2022). (Foto : Klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Dewan Pengurus Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC PA GMNI) Kabupaten Klaten, di aula Kecamatan Delanggu, Sabtu (23/4/2022), menyelenggarakan vaksinasi booster untuk masyarakat umum di Kecamatan Delanggu dan sekitarnya.

Kegiatan ini merupakan kerja sama DPC PA GMNI Kabupaten Klaten, dengan Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Wilayah Klaten, dan Muspika Kecamatan Delanggu.

Menurut Primus Supriono, Ketua DPC PA GMNI Kabupaten Klaten, vaksinasi booster ini perlu digalakkan, karena penerima vaksin booster di Klaten, baru mencapai 27 persen.

Padahal kegiatan mudik Lebaran, penerimaan BLT, PKH, dan program penerimaan bantuan yang lain dari pemerintah, mensyaratkan telah menerima vaksin booster. Oleh karena itu, gerakan vaksinasi booster harus semakin dipercepat.

“Pandemi Covid-19 belum selesai. Kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat sangat terdampak oleh pandemi Covid-19. Tidak sedikit anggota masyarakat, harus kehilangan pekerjaannya akibat PHK, usahanya bangkrut, atau bahkan harus kehilangan anggota keluarganya. Dengan vaksinasi ini, diharapkan imunitas warga masyarakat meningkat, kehidupan sosial berjalan normal kembali, serta perekonomian segera bangkit,” kata Primus Supriono, Ketua DPC PA GMNI Kabupaten Klaten.

Primus Supriono menambahkan, pihaknya berharap dengan vaksinasi ini, warga masyarakat semakin sehat.

“Tidak sedikit yang mengikuti vaksinasi ini adalah tulang punggung ekonomi keluarga. Jika rakyat kuat dan berdaya kembali, maka negara akan kuat,” kata dia.

Secara terpisah Kepala UPT Balkesmas Wilayah Klaten, Dr Sigit Armunanto menyambut baik dan berterima kasih atas kerja sama dengan DPC PA GMNI Klaten.

Ia menilai, kerja sama ini merupakan upaya menghilangkan Covid-19 di Indonesia, terutama di Kabupaten Klaten. Vaksinasi ini akan semakin meningkatkan imunitas tubuh masyarakat.

Manfaat pemberian vaksin booster ini, antara lain mencegah atau memutus mata rantai infeksi virus Corona, mempertahankan tingkat kekebalan tubuh, memperkuat antibodi yang sudah terbangun, serta memperpanjang masa perlindungan dari virus.

Hadir dalam kesempatan ini Jaka Suparja, Camat Delanggu. Jaka Suparja sangat berterima kasih atas terlaksananya kegiatan ini di wilayahnya.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, karena turut membantu percepatan pencapaian target vaksinasi booster di Kecamatan Delanggu. Ini merupakan bentuk kerja sama yang sangat baik. Untuk itu kami sangat terbuka menerima dan siap bekerja sama dengan DPC PA GMNI pada masa yang akan datang. Semoga upaya ini dapat mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani yang hadir didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten Dr Cahyono Widodo, menyambut baik pelaksanaan vaksinasi booster dengan target 1.000 orang penerima ini.

Terlebih lagi kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pemkab Klaten, Balkesmas Wilayah Klaten, dan DPC PA GMNI Klaten.

“Upaya genjot vaksin booster harus melibatkan seluruh komponen bangsa. Kegiatan ini telah menunjukkan kegotongroyongan,” kata Bupati pada saat meninjau kegiatan tersebut.

Sri Mulyani juga berharap DPC PA GMNI yang merupakan mantan-mantan aktivis mahasiswa, turut menjadi penggerak agar masyarakat semakin sadar terhadap vaksin booster.

“Dengan semakin sadarnya masyarakat, saya yakin target vaksin booster di Kabupaten Klaten akan terpenuhi,” tegasnya.(HS-08)

Bupati Pati Beri Santunan Kematian pada Keluarga Prasejahtera

Bupati Kebumen Cairkan THR dan Gaji ke Tiga Belas untuk ASN dan BLUD