Camavinga dan Rekor Pencetak Gol Termuda Kedua

Eduardo Camavinga/msn.

 

HALO SPORT – Eduardo Camavinga menyumbang satu gol dalam kemenangan Timnas Prancis 7-1 atas Ukraina pada laga uji coba di Stade de France, Paris, Kamis (8/10/2020) dini hari WIB.

Enam gol lain Si Biru dihasilkan Olivier Giroud (dua gol), bunuh diri Vitaliy Mykolenko, Corentin Tolisso, Kylian Mbappe, dan Antoine Griezmann. Gol tunggal Ukraina dilesakkan Viktor Tsigankov.

Gol Camavinga berhasil mencatatkan sejarah tersendiri bagi gelandang Rennes itu. Kini, dia terukir sebagai pemain termuda kedua yang sukses mencetak gol untuk Timnas Prancis.

Camavinga mencetak gol dalam usia 17 tahun 11 bulan. Dia berada di belakang legenda Les Bleus, Maurice Gastiger, yang mengukir gol pertamanya pada usia 17 tahun 5 bulan.

Gastiger mencetak gol ketika Si Ayam Jantan berhadapan dengan Swiss pada 1914. Camavinga memang tampil terampil di lapangan.

Dia mencetak gol pembuka yang tercipta ketika laga baru berjalan sembilan menit. Berawal dari umpan Lucas Digne dari sisi kiri.

Umpan tersebut disambut sundulan oleh Olivier Giroud yang kemudian masih bisa diselamatkan kiper Georgiy Bushchan. Camavinga yang berada di kotak penalti lalu menendang bola muntah sambil membelakangi gawang untuk menjebol jala pasukan tamu.

‘’Melihat apa yang dilakukannya di lapangan, dia pantas dimainkan,’’ Didier Deschamps, pelatih Timnas Prancis seperti dikutip BeIn Sports.

Camavinga lahir di Miconge, Cabinda, Angola, 10 November 2002. Dia masuk tim yunior Rennes sejak 2013, dan membela skuad utama Rennes mulai 2019.

Kendati berdarah Angola, Camavinga memilih memperkuat Prancis. Dia punya dua caps dan mencetak satu gol selama berkostum Les Bleus senior.

Tahun ini Eduardo sebenarnya sudah dibidik Real Madrid. Namun, dia ingin matang di Rennes dulu. Mungkin baru tahun depan dia akan meninggalkan Prancis.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.