in

Calon Wisudawan USM Dibekali Profesionalitas

Pembekalan calon wisudawan Universitas Semarang, Sabtu (18/9/2921).

 

HALO SEMARANG – Universitas Semarang melakukan pembekalan wisuda ke-62 terhadap 1.000 calon wisudawan secara daring, Sabtu (18/9/2921).

Rektor Universitas Semarang Andy Kridasusila, SE, MM menekankan kepada seluruh calon wisudawan untuk terus profesional sesuai dengan ilmu yang ditekuni.

”Sekecil apapun itu, lulusan USM harus mempunyai kemampuan softskill yang mumpuni dalam menunjang pekerjaan ke depan,” katanya.

Sebagai nara sumber, Kepala Program Studi Psikologi Universitas Semarang Anna Dian Savitri, SPsi, MPsi memaparkan, langkah-langkah setelah menempuh pendidikan sarjana.

“Untuk meraih sukses, seseorang harus membuka diri, mengenai kelemahan dan kelebihan, mengembangkan potensi, meminimalkan kelemahan serta evaluasi dan refleksi diri. Yang tidak boleh dilupakan lagi adalah harus selalu berpikir positif,” ujarnya.

Ia melanjutkan, kemampuan non-teknis mempunyai peran cukup kompleks. Penguasaan tersebut diiringi IQ dan EQ yang baik sebagai langkah mengembangkan pribadi yang berkarakter.

”Sebagai lulusan yang akan meniti karier, anda harus mampu mengembangkan potensi diri, siap menerima kritik dan saran, serta belajar menjadi pribadi yang smart,” ungkapnya.

Sementara Mohd Fauzi Bin Kamarudin yang juga sebagai nara sumber menyampaikan, sebagai calon wisudawan wajib memiliki jiwa kepemimpinan.

”Dalam keadaan new normal, cara berkehidupan menjadi berbeda seperti, masker dan sarung tangan menjadi sangat umum, budaya mengantre menjadi kewajiban, transportasi public terlihat berbeda, memiliki waktu libur yang lebih di rumah sendiri,” jelas pria yang menjabat Dean Center for Language Learning UTEM.

Selain itu, katanya, hal-hal kecil yang ada di lingkungan sekitar akan berubah mengikuti cara belajar.

”Beradaptasi itu sangat penting karena terbuka terhadap tren-tren baru, tidak kaku terhadap pikiran sendiri,” tuturnya.(HS)

Share This

Kominfo Minta Masyarakat Untuk Segera Beralih Ke TV Digital

Setelah Kolam Renang, BUMDes Mentosari Gringsing Siap Membangun GOR