Calon Akan Diadu Visi Misi dan Programnya Dalam Debat Di Gedung DPRD

Ketua KPU Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria saat memaparkan acara debat pasangan calon di Kantor KPU Kendal, Selasa (17/11/2020).

 

HALO KENDAL – Jelang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kendal 2020, para pasangan calon (Paslon) Kepala Daerah, baik Bupati dan Wakil Bupati terus melakukan tahapan sosialisasi untuk menarik simpati dan dukungan dari masyarakat.

Dalam tahapan kampanye yang ditetapkan oleh KPU, tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Kendal akan diuji kemampuan menerjemahkan visi misinya dalam debat publik yang rencananya akan dilaksanakan di Gedung DPRD Kendal, pada Rabu malam (18/11/2020).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan, tema besar dalam debat publik pertama adalah mewujudkan Kendal berkemakmuran, melalui peningkatan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat yang berkarakter.

“Diskusi tema debat publik pertama dilakukan dengan merujuk pada konteks visi, misi, dan program pasangan calon dalam mewujudkan rencana strategis pembangunan dan isu-isu aktual di Kabupaten Kendal,” terangnya kepada awak media, Selasa (17/11/2020).

Hevy memaparkan, dalam debat nanti rencana strategis pembangunan yang akan dijabarkan oleh Paslon, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, memajukan daerah, dan menyelesaikan persoalan daerah.

Untuk itu dirinya mengaku, KPU Kabupaten Kendal sudah mempersiapkan beberapa materi debat dengan membentuk tim penyusun soal untuk menyusun pertanyaan pada setiap segmen debat.

“Tim penyusun, terdiri dari pakar dari kalangan profesional dan akademisi. Pertanyaan yang disusun berdasarkan masukan masyarakat dan stakeholder dalam FGD. Kemudiann penyusunan materi debat publik pasangan calon sesuai dengan tema yang akan dibahas,” papar Hevy.

Dia mengungkapkan, pada pelaksanaan debat nanti akan dibagi menjadi enam segmen. Di antaranya penyampaikan visi, misi, dan program pasangan calon. Kemudian pendalaman visi misi dan program Paslon.

“Paslon nanti juga dipersilakan untuk menjawab pertanyaan dari tim penyusun, yang disusun berdasarkan visi misi dan program Paslon. Dengan waktu durasi menjawabnya dua menit,” ungkapnya.

Hevy menambahkan, selanjutnya para Paslon nanti akan diberikan pertanyaan yang sama dari tim penyusun tentang isu-isu faktual permasalahan di Kabupaten Kendal, yang diperoleh dari masukan-masukan masyarakat.

”Untuk segmen keempat dan kelima adalah masing-masing calon akan bertanya dan menjawab pertanyaan dari calon lainnya. Kemudian diakhiri dengan menyampaikan pernyataan penutup, dalam durasi dua menit,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.