Cacing Hati Ditemukan Di Salah Satu Hewan Kurban Di Kendal

Foto ilustrasi cacing hati di hewan kurban di Kendal.

 

HALO KENDAL – Tim Penyembelihan hewan kurban dari Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kendal menemukan ada satu kasus hewan kurban yang mengandung cacing hati.

Cacing hati pada hewan kurban ditemukan saat tim melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban di Kelurahan Pegulon, Kendal.

Menindaklanjuti temuan ini, tim dari DPP Kendal meminta agar hati yang mengandung cacing segera dimusnahkan dan melarang untuk dikonsumsi.

Dokter hewan dari DPP Kendal, Arif Candra mengatakan, dalam pantauan di beberapa kecamatan hari ini telah ditemukan satu hewan kurban yang mengandung cacing.

“Tadi kami langsung sampaikan agar hati yang mengandung cacing segera dimusnahkan dengan cara dikubur,” kata Arif, Jumat (31/7/2020) sore.

Proses pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ditahun ini, lanjut Arif, dilakukan secara bertahap.

“Banyak warga yang melakukan penyembelihan hewan kurban hari ini, namun sebagian juga melakukan penyembeihan esok hari. Ini dilakukan karena hari ini Jumat, warga khawatir penyembelihan selesai sampai sore hari,” ungkapnya.

Dikatakan, proses pemeriksaan hewan kurban yang dilakukan tim dari DPP Kendal terfokus pada cacing hati.

Dirinya menegaskan, dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, petugas terus berupaya mengingatkan warga agar mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak.

“Selain itu, anak kecil yang sedang menonton penyembelihan juga diingatkan agar jangan terlalu dekat dan tidak bergerombol,” pungkas Arif.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.