in

Butuh Ruang Bersama untuk 23.125 BKM di Seluruh Indonesia

Peresmian Sekretariat BKM Pusat di Masjid Istiqlal. (Foto : kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG – Kementerian Agama meresmikan kantor sekretariat Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Pusat di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu (27/3/2024) malam.

Peresmian ditandai dengan pemukulan bedug dan pengguntingan pita, di lantai dasar Masjid Istiqlal oleh Dirjen Bimas Islam yang juga menjabat sebagai Ketua Umum BKM Pusat Kamaruddin Amin.

Hadir mendampingi, Ketua Harian BKM Pusat, Adib, Sekretaris BKM Pusat Akmal Salim Ruhana, serta pengurus BKM Pusat dan pengelola Masjid Istiqlal.

Kamaruddin mengatakan setidaknya terdapat 23.125 BKM, yang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga dibutuhkan ruang sekretariat yang dapat menjadi ruang bersama.

Kamaruddin berharap, setelah peresmian Sekretariat BKM Pusat dilakukan, pengurus BKM daerah juga membuka kantor sekretariat di masjid-masjid sesuai tingkatannya.

“Setelah peresmian ini, diharapkan teman-teman BKM provinsi hingga kabupaten/kota mulai membuka sekretariat di Masjid Raya dan Masjid Agung seluruh Indonesia,” jelasnya, seperti dirilis kemenag.go.id.

Dirjen menyebut, keberadaan kantor sekretariat BKM ini juga mendorong lembaga BKM daerah untuk aktif menggelar syiar agama dan layanan keagamaan bagi masyarakat di masjid dan musala.

Menurutnya, pengurus BKM harus aktif membuka komunikasi, audiensi, atau sosialisasi dengan pemerintah daerah setempat/forkopimda/ormas untuk berkolaborasi terkait berbagai program Kemenag.

Kamaruddin menambahkan, BKM merupakan upaya transformasi kemasjidan, yaitu mengelola masjid dengan baik, sinergis-kolaboratif, dan berkontribusi lebih kepada masyarakat.

“Semoga hadirnya BKM membawa manfaat bagi masjid, bukan hanya untuk kaum Muslim, tapi juga masyarakat sekitarnya,” tandasnya. (HS-08)

Dharma Wanita Persatuan Bimas Islam Bagikan 700 Paket Takjil Ramadan

Triwulan Pertama 2024, MOOC Pintar sudah Layani 633.675 Peserta