Buruh dan Masyarakat Demak Tolak Unjuk Rasa Anarkistis

Gerakan Aliansi Buruh Demak (Gebrak) Demak bersama seluruh elemen masyarakat, menggelar Deklarasi Menolak Unjuk Rasa Anarkistis, di Pendapa Kabupaten. (Foto: jatengprov.go.id)

 

HALO DEMAK – Gerakan Aliansi Buruh Demak (Gebrak) Demak bersama seluruh elemen masyarakat, menggelar Deklarasi Menolak Unjuk Rasa Anarkis, di Pendapa Kabupaten. Penolakan ini mereka sampaikan demi menjaga keamanan di Kota Wali.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Joko Sutanto dan jajaran Forkopimda.

Pada kesempatan tersebut Ketua Gebrak, Jangkar Puspito membacakan ikrar deklarasi damai, akan selalu menjaga toleransi, menolak segala bentuk anarkisme, menolak unjuk rasa anarkistis, dan cinta damai, dengan diikuti seluruh peserta. Selanjutnya dilakukan penandatanganan deklarasi antianarkisme.

Kapolres Demak, Andhika Bayu Adittama, seperti dirilis jatengprov.go.id, Senin (19/20) mengatakan aksi demo terkait penolakan UU Cipta Kerja (Omnibus Law) terus terjadi di wilayah Indonesia.

Dalam aksi tersebut sulit dibedakan massa yang murni menyuarakan aspirasinya secara damai, dan orang-orang yang menjadi provokator. Akhirnya ketika terjadi aksi anarkistis, banyak yang akhirnya dirugikan.

Unjuk rasa pada masa pandemi Covid-19 saat ini juga berbahaya. Kerumunan yang muncul, bisa menyebabkan penyebaran penyakit itu lebih masif.

“Saat ini kami berada dalam masa pandemi Covid-19. Para pengunjuk rasa sangat mudah terjangkit atau tertular Corona, karena mereka pasti berkerumunan dan banyak yang tidak bermasker atau menjaga jarak,” kata Kapolres.

Ditambahkan, Polres Demak terus memonitor perkembangan situasi, baik di lapangan maupun di media sosial, khususnya terkait dengan berita hoaks Omnibus Law yang marak terjadi di kalangan masyarakat.

“Untuk itu kami minta masyarakat dapat menyaring informasi yang ada sehingga kondisivitas keamanan, khususnya di Kabupaten Demak tetap terjaga,” tegas Kapolres.

Sementara Wakil Bupati Joko Sutanto mengatakan, Kabupaten Demak adalah milik bersama. Keberhasilan dalam membangun kabupaten itu harus selalu dijaga. Joko mengimbau agar masyarakat di wilayahnya dapat terus menjaga kebersamaan dan kerukunan antarsesama.

“Jadikan Kabupaten Demak sebagai contoh dan teladan yang patut dibanggakan,” sambung Joko. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.