in

Buronan Pelaku Pembegalan Di Depan Balai Kota Semarang Akhirnya Ditangkap

Ady Setyawan (23) DPO begal yang berhasil ditangkap Polrestabes Semarang.

 

HALO SEMARANG – Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Semarang berhasil menangkap daftar pencarian orang (DPO) atau buronan pelaku begal yang terjadi di Jalan Raya Pemuda atau depan Kantor Balai Kota Semarang Kelurahan Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, pada Minggu (5/9/2021).

Wakasatreskrim Polrestabes Semarang, AKBP Iga DP mengungkapkan, pelaku tersebut bernama Ady Setyawan (23) warga Kuningan, Kecamatan Semarang Utara.

Ady berhasil ditangkap di wilayah Poncol Semarang pada Selasa (14/9/2021) sekira pukul 20.00 WIB.

“Dia sempat kabur ke daerah Subang, Jawa Barat. Selanjutnya tim sempat ke sana melakukan pengejaran. Pelaku kemudian ke Pekalongan dan dia kembali (ke Semarang). Dan tadi malam berhasil ditangkap,” kata Iga saat rilis kasus di Mapolrestabes Semarang, Rabu (15/9/2021).

Sebelumnya, lanjut Iga, Polrestabes Semarang berhasil mengamankan dua pelaku lain, M Haidar Muliyantono (22) warga Kampung Tlumpahan, Kecamatan Semarang Utara dan Adi Pratama (27) warga Kampung Petelan, Kecamatan Semarang Timur.

Mereka dapat diamankan setelah Tim Elang Hebat Semarang bersama Unit Resmob Polrestabes Semarang melakukan olah tempat kejadian dengan mengecek CCTV yang berada di lokasi kejadian.

Pelaku Adi Pratama ditangkap oleh Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Semarang pada hari itu juga pada pukul pukul 18.30 WIB di Jalan Lemah Gempal Semarang. Sedangkan pelaku Haidar dapat ditangkap pada pukul 20.30 WIB di Jalan Bong Lama Semarang.

Perlu diketahui, akibat aksi pembegalan ini, korban bernama Sayyid Bintang warga Ngaliyan meninggal dunia di tempat usai terjatuh dari motor karena diduga mengalami gagar otak.

Sementara korban lainnya bernama Slamet Riyadi mengalami beberapa luka di sekujur tubuhnya dan sempat dirawat di RSUP Kariadi.

Kejadian tersebut bermula setelah korban membeli makan dari Pusponjolo. Namun, ketika hendak pulang melewati Stasiun Poncol, diduga korban diikuti oleh para pelaku menggunakan sepeda motor. Saat di lokasi kejadian, pelaku Ady menendang motor korban hingga terjatuh.

Karena tak berdaya, para pelaku dengan leluasa mengambil barang-barang berharga milik korban dan langsung kabur meninggalkan korban.

Sementara dari pengakuan Ady, dia sebelumnya juga sudah berupaya menendang motor korban ketika korban sedang melintas di daerah Poncol.

Saat melakukan aksinya, Ady mengaku mengendarai motor sendirian. Usai berhasil mengambil harta korban, ia langsung lari ke Terminal Mangkang dengan diantar oleh kekasihnya.

“Langsung lari ke Mangkang, naik bus sendirian diantar sama pacar,” imbuhnya.

Saat ini para pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mapolrestabes Semarang untuk proses lebih lanjut.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, para pelaku dapat dijerat dengan pasal 365 KUHPidana ayat 4 tentang pencurian dengan kekerasan  dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara.(HS)

Share This

Pedagang Kecewa dengan Pembagian Kios di Pasar Johar Cagar Budaya

Pembelajaran Tatap Muka di SMP 3 Pegandon, Aktivitas Siswa Diawasi Ketat