Bupati Ungkap Alasan Rombak Pejabat Jepara

Serah terima jabatan (sertijab) Plt. jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) dan pejabat administrator, di Ruang rapat R.M.P. Sosrokratono, Gedung Setda Jepara. (Foto : Jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi, menyebut perombakan sejumlah pejabat, agar Pemkab bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta mempercepat kemajuan daerah. Dengan demikian kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Perombakan itu juga telah mempertimbangkan basis keilmuan dan keahlian para personel.

Hal itu diungkapkan Bupati,  saat serah terima jabatan (sertijab) Plt jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) dan pejabat administrator, di Ruang rapat RMP Sosrokratono, Gedung Setda Jepara, Selasa (16/2).

“Niatnya adalah membangun kembali, bahwa kita ini, semuanya adalah abdi negara dan abdi masyarakat,” ujarnya.

Menurut Andi, rotasi pejabat birokrasi, juga sudah sesuai prosedur dan aturan. Karena itu dia membantah tudingan, bahwa promosi dan mutasi tersebut, dilakukan atas dasar kepentingan pribadi, atau suka dan tidak suka.

Dia mengatakan, sebelum mutasi dilakukan, Pemkab telah melakukan pengujian dan pengukuran, dengan menggandeng perguruan tinggi.

“Proses assessment JPTP yang dilakukan oleh lembaga perguruan tinggi, itu bukan menilai pintar atau tidak, tetapi menilai bagaimana kemudian orang-orang ini pas atau tepat, dan mampu bertugas dalam posisinya,” tandas Bupati.

Adapun untuk Sertijab, untuk menindaklanjuti pelantikan 43 pejabat eselon III dan IV, di Gedung Shima Jepara, 8 Februari lalu. Para pejabat itu terdiri atas 16 pejabat eselon III seperti camat, kepala bidang, kepala bagian, dan sekretaris dinas. Serta 27 pejabat eselon IV seperti kepala seksi, kepala subbagian, dan lurah.

Untuk acara serah terima jabatan, karena berlangsung dalam masa pandemi Covid-19, hanya diikuti perwakilan pejabat.

Setelah acara serah terima itu, Bupati Andi juga berpesan agar para pejabat segera bertugas, sesuai dengan regulasi yang ada.

“Apapun kemajuan di Jepara ini ada di pundak bapak dan ibu sekalian yang menjadi bagian, mengambil peran untuk melaksanakan tugas tersebut,” ujar Andi. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.