Bupati Tarik Investor Pertanian Untuk Dirikan Pabrik Benih di Blora

Bupati H Arief Rohman SIP MSi. (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Bupati H Arief Rohman SIP MSi dan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST MM, berupaya mengajak warga asal Blora yang telah sukses di luar daerah, untuk membantu pembangunan kampung halamannya.

Salah satunya yang diajak untuk berinvestasi adalah Rakimin, pria kelahiran Desa Kediren, Kecamatan Randublatung, yang kini sukses menjadi Direktur PT Tunas Widji Inti Nayottama di Kediri. Dia ini diundang untuk ikut membangun sektor pertanian di Kabupaten Blora.

Rakimin hadir untuk bertemu Bupati dan Wakil Bupati, Selasa (30/3), bersamaan dengan agenda Ngobrol Bareng Bersama Media di Desa Tempellemahbang, Kecamatan Jepon.

“Pak Rakimin ini asli Kediren Randublatung, lulusan UGM, sukses menjadi praktisi, pengusaha pembenihan unggul, yang dipercaya Kementerian Pertanian. Saya ketemu beliau saat berkunjung ke Kementerian Pertanian 19 Maret lalu, kita minta beliau ikut memikirkan Blora setelah sukses di Kediri dengan pabrik pembenihannya,” kata Bupati Arief Rohman, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Bupati pun meminta agar Rakimin bisa merintis pendirian pabrik pembenihan di Kabupaten Blora, mengingat potensi pertanian di Kabupaten Blora juga bagus. Baik dari sisi padi, jagung, maupun kedelai.

“Insha Allah Pak Rakimin siap nggih bikin pabrik di Blora. Kami sangat berharap, semoga kedepan kualitas benih di Kabupaten Blora semakin baik. Di samping itu, adanya pabrik di Blora juga akan ikut mengurangi pengangguran,” lanjut Bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa saat ini Direktur Pembenihan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, juga dijabat oleh salah satu putra terbaik Blora, yang bernama Edy Purnawan.

“Mas Edy Purnawan, senior saya di SMAN 1 Blora, asli Sawahan Tempelan, kini jadi Direktur Pembenihan Tanaman Pangan. Pas Direktur Kementannya asli Blora, ini ada pengusaha sukses tentang pembenihan juga asli Blora, bisa kita kerjasamakan nanti agar Blora ke depan bisa lebih baik,” kata Bupati.

Mendengar permintaan Bupati, Rakimin pun langsung memberikan responnya. Dirinya merasa senang dan turut bangga bisa diajak langsung oleh Bupati untuk menyukseskan pembangunan di Kabupaten Blora.

“Pertama-tama saya ucapkan terima kasih, saya bersyukur sekali bisa pulang kampung untuk ikut membantu Pak Bupati. Kami memang besar di Kediri, namun tidak menutup kemungkinan kesuksesan ini bisa ditularkan di Blora. Kami sudah punya beberapa petani binaan di Kecamatan Sambong. Insha Allah tahun depan mulai kita rintis pabrik pembenihannya di Randublatung,” terang Rakimin.

Menurutnya, dirinya juga memiliki beberapa petani binaan di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, hingga Sulut (Sulawesi Utara).

“Alhamdulillah yang di Sulawesi Utara juga sudah mandiri. Benih kita juga dilirik pasar ekspor ke Thailand dan Vietnam. Semoga nanti juga bisa berkembang di Blora, mohon dukungannya,” tambah Rakimin. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.