in

Bupati Sukoharjo Lantik Lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Bupati Sukoharjo, HJ Etik Suryani SE MM, ketika mengambil sumpah dan melantik lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II), Kamis (27/5) di lobi Kantor Bupati. (Foto : Sukoharjokab.go.id)

 

HALO SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, HJ Etik Suryani SE MM meminta para pimpinan tinggi pratama yang baru dilantik, agar segera mempelajari seluruh aturan, termasuk Peraturan Bupati, Peraturan Daerah, hingga undang-undang.

Pemahaman akan peraturan, menurut Bupati sangat penting, karena merupakan dasar dari pelaksanaan tugas. Dengan pemahaman yang baik tentang semua peraturan, para pejabat tersebut juga terhindar dari permasalah hukum.

Hal itu disampaikan Bupati Sukoharjo, HJ Etik Suryani SE MM, ketika mengambil sumpah dan melantik lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II), Kamis (27/5) di lobi Kantor Bupati. Acara dihadiri pula oleh Wakil Bupati, Agus Santosa serta para pejabat di lingkungan Pemkab Sukoharjo.

Lima pejabat yang dilantik, masing-masing Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Budi Susetyo; Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Sumini; Kepala Dinas Pangan, Endang Tien Maryuni; Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Suyamto; dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga (Dispora), Setyo Aji Nugroho.

Lebih lanjut, Bupati juga meminta agar para pejabat tersebut segera melakukan konsolidasi pegawai di masing-masing instansi, melaksanakan fungsi kepemimpinan dengan tetap melakukan konsultasi ke atasan, serta melakukan koordinasi ke samping, sehingga terjadi sinergi terhadap pelaksanaan tugas-tugas kepemimpinan serta selalu tertib administrasi karena tugas utama dalam pelaksanaan pemerintahan saat ini, artinya semua kegiatan yang dilaksanakan dapat dipertanggungjawabkan.

“Perlu saya tegaskan dan perlu dipahami serta diingat dengan baik, setiap jabatan yang diamanahkan pada ASN tentunya diikuti harapan besar oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah. Jagalah kepercayaan yang diberikan ini agar benar-benar berkontribusi positif bagi percepatan peningkatan kinerja perangkat daerah masing-masing,” kata Bupati, seperti dirilis Sukoharjokab.go.id.

Dalam kesempatan itu Bupati, juga mengatakan pelantikan dikhususkan pada Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang baru, dan telah mengikuti seleksi secara terbuka dan kompetitif.

Proses seleksi harus dilewati, karena selain merupakan prosedur perundang-undangan, juga agar pejabat yang terpilih adalah mereka yang cakap, memiliki kompetensi yang sesuai, kualifikasi pendidikan yang baik, rekam jejak yang bagus serta memiliki integritas tinggi.

“Proses pengisian pejabat eselon 2 dilakukan oleh panitia seleksi dari eksternal birokrasi melalui seleksi terbuka dan telah mendapat rekomendasi dari Komisi ASN dan memperoleh izin dari Menteri Dalam Negeri,” kata Bupati.

Bupati juga mengatakan, pejabat yang baru dilantik memiliki beban dan tanggung jawab terhadap pembinaan kepegawaian di bawahnya. Untuk itu, para pejabat tersebut dapat mengedepankan perilaku disiplin sebagai contoh dan teladan bagi bawahan yang dipimpin. (HS-08)

Share This

Teliti Tentang Tindakan Passing Off Dalam Rangka Melindungi Konsumen, Dosen FH USM Raih Doktor

Peringati Hari Jamu Nasional, Bupati Sukoharjo Minta Pelaku Usaha Jaga Kualitas