in

Bupati Semarang Resmikan Balai Tani Desa Candirejo, Dorong Pemuda Jadi Petani Modern

Bupati H Ngesti Nugraha, ketika meresmikan Balai Tani Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Candirejo, Tuntang, Selasa (15/2/2022). (Foto : Semarangkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Pemkab Semarang akan mendorong para pemuda di wilayahnya, untuk menjadi petani modern, termasuk dengan menggunakan mesin pertanian.

Hal itu disampaikan Bupati H Ngesti Nugraha, ketika meresmikan Balai Tani Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Candirejo, Tuntang, Selasa (15/2/2022). Ikut mendampingi Kades Candirejo Tri Gunawan Setyadi dan ketua Gapoktan Mandiri, Ismail Sholeh.

Saat sambutan, Bupati mengingatkan para petani untuk terus meningkatkan mutu usaha tani. Penggunaan alat mesin pertanian sangat diperlukan, untuk meningkatkan  produktifitas agar semakin baik.

“Pertanian menjadi salah satu mata pencaharian pokok warga. Kita akan mendorong para pemuda untuk menjadi petani modern agar semakin maju,” kata dia, Semarangkab.go.id..

Pada kesempatan itu Bupati secara simbolis menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada lima kelompok tani Desa Candirejo.

Kepala Desa Tri Gunawan Setiadi menjelaskan bantuan alsintan dan pembangunan Balai Tani, dialokasikan dari anggaran dana desa (DD).

Bangunan berbentuk joglo berukuran sekitar 9×12 meter terletak  di pojok desa berdekatan dengan areal persawahan dan pinggiran Rawa Pening. Dia berharap hal itu menjadi wujud dukungan pemerintah desa memajukan pertanian setempat.

Ketua Gapoktan Mandiri, Ismail Sholeh menjelaskan bantuan berupa lima unit alat potong rumput multi fungsi dan dua mesin blower untuk paska panen. Sedangkan lima unit alat tanam padi masih dalam proses pengadaan.

“Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu usaha tani Desa Candirejo.(HS-08)

Puluhan Kepsek TK Swasta Mengadu ke Disdik Kota Semarang, Ini Masalahnya

Bupati Kudus Serahkan Bantuan dari Baznas