in

Bupati Semarang Lantik Bambang Sutejo sebagai Kades Jambu Antarwaktu

Bupati Semarang, Ngesti Nugraha melantik Bambang Sutejo sebagai Kepala Desa Jambu, Kecamatan Jambu, antarwaktu di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Jumat (29/7/2022). (Foto : semarangkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Bupati Semarang, Ngesti Nugraha melantik Bambang Sutejo sebagai Kepala Desa Jambu, Kecamatan Jambu, antarwaktu di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Jumat (29/7/2022).

Pemilihan kades antarwaktu dilakukan karena pejabat lama tersandung masalah hukum

Usai pelantikan, Bupati berpesan kepada kades baru, untuk dapat merangkul seluruh komponen Desa Jambu, agar bersama-sama membangun desa.

“Kades baru harus sabar menghadapi tanggapan semua warga untuk membantu mereka,” kata Ngesti Nugraha, seperti dirilis semarangkab.go.id.

Dia juga meminta agar pejabat baru, segera menyesuaikan dengan kinerja pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan, mengelola penggunaan dana desa, alokasi dana desa, maupun sumber keuangan lainnya. Kades juga diimbau untuk mengembangkan potensi desa.

Kabid Pemerintahan Desa Dispermasdes, Aris Setyawan mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes), Moh Edy Sukarno, menjelaskan pemilihan kades antarwaktu telah sesuai regulasi yang ada.

Dijelaskan, sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2018, jika ada Kepala Desa yang berhenti dan sisa masa jabatannya masih lebih dari satu tahun maka dilaksanakan mekanisme pilkades antarwaktu.

“Musyarawah desa Jambu dilaksanakan pertengahan Juni lalu dan diikuti lembaga yang memiliki hak pilih sesuai regulasi,” terangnya.

Kades antarwaktu terpilih sebelumnya adalah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jambu. (HS-08)

Pemkab Semarang Bagikan Beasiswa untuk Ribuan Pelajar SD hingga Mahasiswa

Indonesia-Korea Selatan Kerjasamakan Pemindahan IKN dan Kota Cerdas hingga Air Minum