in

Bupati Rembang Minta Pejabat Tunjukkan Kinerja, Bukan Mencari Muka

Bupati H Abdul Hafidz melantik 97 pejabat di Pemkab Rembang. (Foto : Rembangkab.go.id)

 

HALO REMBANG – Bupati Rembang H Abdul Hafidz meminta 97 pegawai negeri sipil (PNS) yang menduduki jabatan baru, untuk menunjukkan kinerja, bukan sibuk mencari muka.

Hal itu disampaikan Bupati Rembang H Abdul Hafidz, saat melantik para pejabat itu, secara virtual. Para pejabat yang dilantik, terdiri atas tiga adminitrator, 90 pejabat pengawas, dan empat pejabat fungsional.

Bupati menambahkan puluhan pejabat baru, harus berani berinovasi dan memunculkan sesuatu yang berbeda. Inovasi tersebut juga harus mampu mendukung tercapainya visi dan misi Kabupaten Rembang, yakni Rembang Gemilang tahun 2026.

“Jangan tunjukkan muka, tetapi kinerja. Tunjukkan kerja jangan tunjukkan muka kepada para pimpinan masing-masing,” kata dia seperti dirilis Rembangkab.go.id.

Bupati berharap PNS yang menduduki jabatan baru, dapat membangun citra yang baik Pemkab Rembang di mata masyarakat. Semuanya diharapkan mampu mengemban dan tidak menyia-nyiakan amanah yang diberikan.

Lebih lanjut Bupati mengingatkan, dengan kemajuan teknologi saat ini, para pejabat harus mewujudkan pemerintahan berbasis digital.

“Kita tidak boleh bekerja dengan cara yang sama dengan tahun-tahun kemarin. Para pejabat harus mewujudkan pemerintahan berbasis digital di kabupaten Rembang,” ujarnya.

Terkait digelarnya pelantikan menurut Bupati karena amanat Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah berupaya menuntaskan penyederhanaan birokrasi (reformasi birokrasi), yang ditargetkan selesai pada 30 Juni 2021.

“Kita ini dibatasi oleh ketentuan. 30 Juni batas akhir untuk mengisi kekosongan-kekosongan. Sehingga kalau tidak diisi, kan kasihan teman-teman yang sudah menunggu 10 tahun, 12 tahun sampai 15 tahun,” tuturnya.

Reformasi Birokrasi

Bupati mengungkapkan dengan adanya reformasi birokrasi, ASN eselon IV akan dihilangkan dan menjadi pejabat fungsional semua. Harapannya posisi yang kosong diisi pada pelantikan ini, nantinya saat beralih menjadi pejabat fungsional tinggal penyetaraan.

Dalam pelantikan 97 pejabat tersebut Bupati dan Wakil Bupati Mochammad HaniesCholilBarro’ di pendapa museum RA Kartini. Hanya ada empat pejabat baru yang mengikuti pelantikan di pendapa Museum, selebihnya mengikuti pelantikan di kantor masing-masing yang terhubung melalui aplikasi zoom. (HS-08)

Share This

Jalani Isolasi Mandiri, Warga Terima 400 Paket Sembako

Bupati Rembang Nilai Kendaraan Over Muatan Jadi Biang Kerusakan Jalan