in

Bupati Purbalingga Sebut Koperasi Menjadi Soko Guru Perekonomian

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, menyerahkan hibah uang Rp 35 juta kepada Dekopinda Purbalingga, dalam peringatan Hari Koperasi ke-75, di Taman Kota Usman Janatin Purbalingga, Minggu (17/7/2022). (Foto : purbalinggakab.go.id)

 

HALO PURBALINGGA – Koperasi masih menjadi Soko Guru perekonomian bangsa Indonesia. Koperasi merupakan pilar atau penyangga utama sistem perekonomian nasional, termasuk perekonomian masyarakat di Kabupaten Purbalingga.

Hal itu disampaikan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, dalam acara Senam Sehat dan Pesta Rakyat, memperingati Hari Koperasi ke-75, di Taman Kota Usman Janatin Purbalingga, Minggu (17/7/2022).

Menurut dia, untuk mengembangkan koperasi, perlu peran semua pihak, terutama para pengurus dan anggotanya. Anggota harus mematuhi semua aturan yang telah ditentukan, agar tidak mengganggu kinerja koperasi.

“Agar koperasi berkembang perlu sengkuyung dari seluruh anggota. Kalau pinjam (Kredit-red) ya harus dikembalikan,” kata bupati, yang akrab disapa Tiwi tersebut.

Sementara itu saat dialog dengan para anggota koperasi, setelah senam sehat, Tiwi juga melempar kuis dengan beragam hadiah.

“Siapa yang tahu semboyan koperasi. Nanti yang menjawab benar mendapat hadiah,” kata Bupati, seperti dirilis purbalinggakab.go.id.

Pertanyaan itu langsung disambut oleh Reri, salah seorang anggota koperasi di perusahaan tempatnya bekerja, yakni PT Mitra Karya Tri Utama (Sampoerna). Dia berhasil menjawab pertanyaan bupati, sehingga berhak memilih hadiah satu unit kulkas.

Sejumlah hadiah memang disiapkan untuk acara yang dikolaborasikan dengan Pesta Rakyat Serbu Jajanan Tradisional ini.

Selain Bupati Tiwi, turut menyampaikan kuis dari Ketua DPRD Purbalingga, HR Bambang Irawan dan sejumlah pimpinan OPD terkait.

Dalam kesempatan itu, Pemkab Purbalingga juga menyerahkan hadiah lomba Koperasi Award, kepada koperasi-koperasi berprestasi.

Menurut Tiwi, penyelenggaraan lomba ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah, terhadap kinerja perkoperasian di Kabupaten Purbalingga.

Setelah melalui penilaian, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Purbalingga menetapkan Juara I adalah KPRI Guyub Rukun Karangmoncol, Juara II Primer Koperasi Kepolisian RI (Primkopol), dan Juara III KPRI Sekar Mrebet.

Tiga juara harapan masing-masing KPRI Mempeng Kaligondang, KSP Rukun Kalikajar dan KSPPS AsSyamsu Kemangkon.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Purbalingga juga menyerahkan hibah uang Rp 35 juta kepada Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Purbalingga.

Dengan adanya dana hibah tersebut, diharapkan Dekopinda bisa lebih optimal dalam melakukan pembinaan kepada koperasi-koperasi di kabupaten Purbalingga. (HS-08)

Hadiri Muscab di Purbalingga, Ketua IDI Jateng Tekankan Perlunya Perlindungan Hukum

Gowes Sehat IBI Purbalingga, Bupati Berpesan Jaga Kekompakan dan Kebersamaan