in

Bupati Purbalingga Minta Kegiatan Fisik Pembangunan Dipercepat

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, memimpin apel setelah cuti bersama Idulfitri, Senin (9/5/2022) di halaman Pendopo Dipoikusumo. (Foto : purbalinggakab.go.id)

 

HALO PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi meminta organisasi perangkat daerah (OPD) jajarannya, agar pada Mei 2022 ini sudah mulai melakukan percepatan kegiatan fisik pembangunan, baik yang dibiayai Dana Alokasi Khusus (DAK), APBD Provinsi Jateng, dan APBD Kabupaten.

Hal itu disampaikan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, saat memimpin apel setelah cuti bersama Idulfitri, Senin (9/5/2022) di halaman Pendopo Dipoikusumo.

“Bagi OPD yang ada kegiatan fisik yang belum masuk lelang untuk bisa segera mencukupi kebutuhan-kebutuhan dokumen lelang yang diperlukan,” kata dia, seperti dirilis purbalinggakab.go.id.

Dyah Hayuning Pratiwi juga meminta kepada Sekda, agar dalam waktu dekat, dapat menggelar Rakor Pengendalian Operasional Kegiatan (POK), dengan seluruh kepala OPD.

Melalui kegiatan itu, OPD yang sudah dan belum melakukan percepatan kegiatan akan termonitor, termasuk penyerapan anggarannya.

“Nanti bisa semuanya akan terlihat dari hasil pemaparan Rakor POK,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati Purbalingga juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel di sejumlah OPD, yang Lebaran 2022 ini tak bisa merasakan liburan, karena harus bertugas melayani masyarakat.

OPD tersebut adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perhubungan (Dinhub), Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Kepada beberapa OPD yang pada libur Lebaran kemarin tidak merasakan arti liburan, karena masih terus bertugas di lapangan, yang masih harus melayani masyarakat. Oleh karenanya pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terima kasih,” ucap Bupati Tiwi.

Selama arus mudik dan balik Lebaran 2022, para personel Dindukcapil Purbalingga tetap melayani administrasi kependudukan. Bahkan sebelum Lebaran, OPD ini sudah mengantisipasi peningkatan jumlah pemohon E-KTP dengan mempersiapkan lebih kurang delapan ribu blangko.

Selain Dindukcapil, selama masa libur Lebaran, jajaran Dinkes Purbalingga, baik di RSUD, Puskesmas, maupun di posko-posko kesehatan, juga tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Demikian pula para pegawai Dinhub, selama mudik dan balik Lebaran, tetap bertugas mengendalikan arus lalu lintas dan angkutan penumpang.

Jajaran Satpol PP, juga tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Adapun Dinporapar, berjaga-jaga di beberapa destinasi wisata, untuk memastikan para wisatawan sudah divaksin dan menyediakan gerai vaksinasi.

“Mudah-mudahan apa yang bapak ibu lakukan di momentum hari raya kemarin menjadi catatan amal ibadah,” kata Bupati. (HS-08)

Pimpin Apel setelah Lebaran, Bupati Cilacap : Pekerjaan Menumpuk Harus Diselesaikan

Polri Pastikan Arus Lalu Lintas dari Kalikangkung hingga Cikampek Ramai Lancar