in

Bupati Pemalang Ajak Pemerintah Desa Cegah Korupsi

Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat membuka kegiatan penilaian desa antikorupsi di Balai Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jumat (21/10/2022). (Foto : pemalangkah.go.id)

 

HALO PEMALANG – Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat mengajak kepada pemerintah desa di wilayahnya, agar mencegah korupsi.

Ajakan tersebut disampaikan Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat saat membuka kegiatan penilaian desa antikorupsi di Balai Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jumat (21/10/2022).

Terkait dengan penilaian tersebut, Mansur Hidayat berharap karena kegiatan itu merupakan kegiatan percontohan bagi desa-desa lain.

Karena itu dia meminta kepada para narasumber, agar menyampaikan apa saja yang perlu dilengkapi, ditambah, dan dilaksanakan lagi.

Menurut Mansur, penilaian bukanlah akhir sebuah perjalanan antikorupsi tapi proses awal dari perjalanan ke depan desa antikorupsi.

Saat ada pilkades, kata Mansur, dirinya sudah menggembor-gemborkan, bahwa di saat pencoblosan jangan dikasih uang.

Dia menuturkan, pilkades yang berbiaya tinggi, menjadi awal dari sebuah korupsi.

Karenanya dia minta agar pesan antipolitik uang digaungkan kepada masyarakat Kabupaten Pemalang.

”Dari situ awalnya kita harus cegah hulunya, kalau hulunya tidak dicegah pasti hilirnya akan mengalir seperti itu terus sehingga ke depan tidak ada lagi hal-hal yang menimbulkan korupsi,“ kata Mansur.

Terkait penilaian, pihaknya siap untuk melengkapi kekurangannya sehingga kedepan dapat dijadikan sebagai percontohan bagi desa-desa yang lain.

Sesi penilaian desa antikorupsi dengan tema “Berawal dari Desa Kita Wujudkan Indonesia Bebas Korupsi” dengan Narasumber dari KPK perwakilan Jawa Tengah dan Inspektorat Provinsi Jawa Tengah. (HS-08)

Gedung Kejaksaan Negeri Cilacap Terbaik di Jawa Tengah

Subvarian Omicron XBB Masuk Indonesia, Menkes Sebut Sistem Penanganan Pandemi Indonesia Lebih Baik