in

Bupati Pemalang Ajak masyarakat Kembangkan Wisata

Festival Wong Gunung (FWG) Tahun 2023 di Kabupaten Pemalang. (Foto : pemalangkah.go.id)

 

HALO PEMALANG – Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat mengajak masyarakat Pulosari untuk bisa menumbuhkembangkan potensi wisata, kuliner, seni budaya lokal, teknologi dan perekonomian rakyat, melalui kegiatan Festival Wong Gunung (FWG) Tahun 2023.

Ajakan tersebut disampaikan saat dirinya beserta Ketua TP PKK, Shanti Rosalia,  menghadiri Festival Wong Gunung prosesi Pinasrahan Agung Banyu Panguripan, Kirab Agung Banyu Panguripan, dan Manunggaling Banyu Panguripan, di Lapangan Desa Pulosari, belum lama ini.

Dia mengatakan bahwa rangkaian acara tersebut adalah sebagai wujud syukur atas air bersih yang telah memberikan kehidupan bagi warga Kecamatan Pulosari, sekaligus berharap akan adanya air yang melimpah di semua wilayah Kecamatan Pulosari dengan memadukan segenap elemen sumber kehidupan yang ada.

Selaras dengan makna dan pesan yang terkandung pada setiap proses acara Festival Wong Gunung, dia mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dan perhatian terhadap isu-isu kelestarian alam dan lingkungan.

“Kita tentu memahami, bahwa air sebagai sumber kehidupan harus terus dijaga kelangsungannya,” kata dia, seperti dirilis Bupati Pemalang, Mansur Hidayat.

Sebelumnya Mansur menyampaikan apresiasi kepada panitia dan pihak-pihak terkait, beserta warga masyarakat Pulosari, yang telah berhasil menyelenggarakan Festival Wong Gunung Tahun 2023 dengan baik, tertib dan kondusif, mulai Kamis (21/9/2023) sampai Sabtu (23/1/2023).

Ia berharap capaian tersebut bisa menjadi motivasi untuk bisa lebih kreatif dan inovatif lagi dalam merancang berbagai event seni budaya ke depan, terutama mempersiapkan gelaran Festival Wong Gunung dengan lebih baik dan lebih besar lagi.

Dalam kesempatan itu Ia juga minta  agar keberhasilan itu tidak membuat  panitia menjadi cepat puas, mengingat ke depan persaingan sektor pariwisata semakin kompetitif.

Prosesi Pinasrahan diawali dengan Kirab Agung Banyu Panguripan yang diambil dari 7 mata air di Pulosari, diiringi barisan 12 perempuan muda, 12 obor, 12 kepala desa beserta istri, dan gunungan hasil bumi.

Kegiatan dilanjutkan dengan pinasrahan banyu panguripan kepada Plt Bupati Pemalang dan grebeg gunungan hasil bumi. (HS-08)

Giliran Pedagang Pasar Deklarasi Dukung Prabowo Subianto

Pj Bupati Jepara Minta Anggota Forsima Dapat Membangun Mimpi Besar