in

Bupati Pekalongan : Idul Kurban Sangat Ditunggu Masyarakat

Bupati Fadia Arafiq dalam acara penyerahan hewan qurban di masjid Agung Al Muhtaram. (Foto : Pekalongankab.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan, mengingat kasus infeksi Covid-19 di wilayah ini masih tinggi.

“Saya berharap berkurban ini, salah satunya mungkin kurbannya masyakarat kita, adalah taat kepada atuan pemerintah. Karena dengan menaati pemerintah, Insyaallah kurban kita, akan dibalas oleh Allah Swt dengan kesehatan dan panjang umur,” kata Fadia, seperti dirilis Pekalongankab.go.id.

Menurut Fadia, Idul Kurban pada saat pandemi Covid-19 ini sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat, terlebih warga yang terdampak. Hal itu karena pada saat ini, ekonomi menurun dan rakyat menunggu orang yang mampu, untuk memberikan sedikit hartanya untuk membantu masyarakat.

Imbauan akan pentingnya protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, juga disampaikan dalam acara penyerahan dan pemotongan hewan kurban di masjid Agung Al Muhtaram.

Dalam kesempatan itu Bupati Fadia juga mengatakan bahwa masyarakat dapat merayakan Iduladha dengan cara lebih sederhana, tanpa menghilangkan khidmatnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan tidak berkumpul.

Karena itu Fadia juga mengimbau para mengurus masjid-masjid, mengupayakan cara pembagian hewan kurban, agar tidak terjadi kerumunan. Cara yang bisa dilakukan, menurut dia adalah dengan terlebih dulu membagikan kupon dan menetapkan jam pengambilan. Cara lain adalah dengan mengantarkan langsung ke rumah-rumah warga.

Seperti diketahui, sebelumnya Kementerian Agama telah memberikan pedoman, bahwa penyembelihan hewan kurban berlangsung dalam waktu tiga hari, yakni 11, 12 dan 13 Dulhidjah untuk menghindari kerumunan warga di lokasi pelaksanaan kurban.

Sementara itu dalam Idulkurban tahun ini, Pemkab Pekalongan menyerahkan tiga ekor sapi dan lima kambing kurban. Bupati, Wakil Bupati, dan Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan menyerahkan masing-masing  satu sapi, sementara Pj Sekda menyerahkan  lima kambing. Hewan-hewan kurban tersebut, diserahkan oleh Pemkab Pekalongan kepada Takmir Masjid Agung Al Muhtaram Kajen, Selasa (21/7).

Acara penyerahan dihadiri Bupati Pekalongan Fadia Arafiq SE MM, Wakil Bupati Pekalongan H Riswadi SH, Ketua DPRD Hj Hindun MH, Pj Sekda Drs Budi Santoso MSi beserta para asisten Sekda dan para kepala OPD, serta Ketua takmir masjid Al Muhtaram Kajen serta tokoh masyarakat.

“Saya minta tolong dibagikan kepada seluruh masyarakat Kajen dan sekitarnya. Juga saat pembagiannya, saya imbau untuk tidak berkerumun. Kupon yang sudah dibagikan ditetapkan jamnya agar tidak terjadi kerumunan,” kata Fadia. (HS-08)

Share This

Pemkab Purbalingga Siapkan RSUD Goeteng Taroenadibrata Sebagai RS Khusus Covid-19

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Rabu (21/7/2021)