in

Bupati Pati Minta Pengelola Makam Cagar Budaya Larang Pengunjung dari Luar Daerah

Bupati Pati, Haryanto beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, melakukan patroli Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di wilayah Pati bagian selatan. (Foto : Patikab.go.id)

 

HALO PATI – Bupati Pati Haryanto meminta kepada pengelola makam cagar budaya, yakni Makam Syekh Djangkung di Dukuh Landoh, Desa Kayen Kecamatan Kayen dan Makam Nyai Ageng Ngerang di Dukuh Ngerang, Desa Tambakromo Kecamatan Tambakromo, untuk melarang warga dari luar kota berziarah ke tempat itu.

Penegasan itu disampaikan Bupati Pati, Haryanto ketika beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), melakukan patroli Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Pati bagian selatan.

Patroli penegakan protokol kesehatan ini, merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Bupati Pati, tentang Pengaturan Ziarah ke Makam Cagar Budaya di Kabupaten Pati. Surat edaran tersebut, diterbitkan sebagai respons pemerintah daerah, terhadap peningkatan kasus Covid-19 di Bumi Mina Tani.

Terdapat dua makam cagar budaya yang dikunjungi Haryanto, guna memantau kepatuhan pengelolanya, yakni Makam Syekh Djangkung di Dukuh Landoh, Desa Kayen Kecamatan Kayen dan Makam Nyai Ageng Ngerang di Dukuh Ngerang, Desa Tambakromo Kecamatan Tambakromo.

Dalam surat edaran, terdapat ketentuan yang harus ditaati pengelola makam cagar budaya. Para camat, kepala desa, dan yayasan pengelola makam, diminta melarang pengunjung dari luar kota, untuk datang berziarah. Adapun peziarah dari wilayah Pati, dibatasi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Setelah keadaan membaik, pengunjung dari luar kota kembali diperbolehkan berziarah, dengan syarat menjaga protokol kesehatan. Di Makam Syekh Djangkung, didapati pengumuman tertulis di pintu masuk, bahwa kompleks makam ditutup sementara sampai 14 Juni 2021.

Haryanto menyempatkan diri untuk memberi imbauan pada pengelola. “Memang hidup-mati itu ketentuan Allah. Tapi kita wajib ikhtiar,” kata Haryanto, seperti dirilis Patikab.go.id.

Bupati juga mengajak pengelola makam, untuk  membatasi diri demi menghindari penularan Covid-19. Para pengelola juga dititipi sejumlah masker, untuk diberikan kepada pengunjung. (HS-08)

Share This

Tingkatkan Kesadaran Warga Cegah Covid-19, Dinkominfo Demak Woro-Woro Prokes

Cegah Wilayahnya Memerah, Forkompimda Blora Larang Hajatan