in

Bupati Pati Berharap Ketersediaan Vaksin Covid-19 Dapat Segera Ditambah

Bupati Pati Haryanto, ketika meninjau vaksinasi di SMPN 3 Pati, Sabtu (9/10). (Foto : Patikab.go.id)

 

HALO PATI – Bupati Pati Haryanto mengatakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara penuh, akan digelar setelah cakupan vaksinasi terpenuhi. Karena itu Pemkab Pati akan berupaya agar cakupan vaksinasi di Kabupaten Pati bisa segera meningkat.

Hal itu diungkapkan Bupati Pati Haryanto, ketika meninjau vaksinasi di SMPN 3 Pati, Sabtu (9/10).  Kegiatan ini juga merupakan upaya Pemkab Pati untuk meningkatkan cakupan vaksinasi.

Upaya percepatan ini, juga sangat tergantung pasokan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jateng. Karena itu dia berharap agar pasokan vaksin tersebut bisa segera ditambah.

Saat ini PPKM di Kabupaten Pati kembali naik dari level 2 ke level 3. Namun hal itu bukan karena peningkatan jumlah penderita Covid-19, melainkan lantaran cakupan vaksinasi yang masih belum mencapai 50 persen.

Karena itu upaya peningkatan cakupan vaksinasi, juga penting untuk dilakukan agar level PPKM bisa segera turun kembali.

Sebelumnya, sasaran vaksinasi difokuskan pada lansia, pelayana publik, dan tenaga kesehatan. Adapun saat ini, sasaran vaksinasi sudah dikembangkan kepada siswa.

Ketika nanti ketersediaan vaksin bertambah, tentu upaya percepatan dengan menggelar berbagai kegiatan vaksinasi massal bisa dilakukan.

“Tentu tergantung dari persediaan vaksin yang ada. Kalau hari ini baru ada 300 sampai 900, nanti ada jatah kita tambah. Kita percepat. Kemarin ada 29 puskesmas, kemudian kalau rata-rata tiap hari minimal 500. Berarti kita bisa mengadakan penyuntikan vaksin itu 14.500-an bahkan lebih. Kalau dapat jatah vaksin banyak, tentu kita bisa mempercepat,” tutur Bupati. (HS-08)

Share This

Kesiapan PON XX Papua Terapkan Protokol Kesehatan

Bupati Pati Minta Anggota PPDI Utamakan Tugas