in

Bupati Klaten Pastikan Pos Aju Siap Beroperasi

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyerahkan sejumlah bantuan kepada relawan di Pos Aju Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19. (Foto : Klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani memastikan Pos Aju Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19, Jumat (9/7) siap beroperasi. Dia berharap dengan beroperasinya pos aju, pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di Klaten menjadi lebih cepat.

Bupati juga menyerahkan bantuan operasional berupa alat pelindung diri (APD) serta kelengkapan lain yang digunakan relawan selama bertugas. Para relawan juga memperoleh suplemen tambahan dan dana operasional Pos Aju sebesar Rp 10 juta.

Terdapat lima Pos Aju Pemulasaran Jenazah, yaitu Pos Aju Klaten Tengah, Pos Aju Pedan, Pos Aju Delanggu, Pos Aju Karanganom, dan Pos Aju Prambanan.

“Saya berharap kegiatan di semua pos aju dapat segera berlangsung. Sehingga kita dapat membantu masyarakat yang keluarganya meninggal karena Covid-19,” kata dia, seperti dirilis Klatenkab.go.id.

Dia mengatakan kebijakan ini diambil, karena tim pemulasaran jenazah pasien Covid-19 kewalahan. Akibatnya, banyak jenasah pasien Covid-19 yang tak dapat dimakamkan.

“Kondisi ini tentu akan semakin membebani keluarga pasien. Jenazah pasien tidak bisa segera dimakamkan, karena menunggu tim pemulasaran datang ke lokasi. Saya mendapatkan laporan, ada keluarga pasien Covid-19 depresi karena terlalu lama menunggu,” katanya.

Menurutnya selain memberi dampak psikis bagi keluarga pasien, tidak segera tertanganinya jenasah pasien Covid-19 sesuai prosedur, tentu dapat membahayakan masyarakat. Sehingga dibutuhkan penangan yang cepat dan tepat.

“Dengan kondisi saat ini, Pos Aju harus segera beroperasi. Agar masyarakat juga teringankan bebannya,” paparnya. (HS-08)

Share This

Bagikan Bubur Gratis Untuk Warga Yang Sedang Isoman

Masuk Zona Level Tiga, Purworejo Berlakukan PPKM Darurat, Sektor Nonesensial 100 Persen WFH