in

Bupati Kendal Tinjau Pembangunan Tanggul di Lanji dan Tanggul Rusak di Korowelang Kulon

Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat meninjau tanggul sungai yang rusak di Desa Korowelang Kulon, Kecamatan Cepiring, Senin (11/10/2021).

 

HALO KENDAL – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto melakukan peninjauan perkembangan pembuatan tanggul Sungai Bodri yang berlokasi di Desa Lanji Kecamatan Patebon, Senin (11/10/2021).

Peninjauan ini ia lakukan dalam rangka menghadapi musim hujan, sekaligus melihat progres pekerjaan perbaikan tanggul yang telah dilakukan sejak bulan Maret tersebut.

“Pengerjaan tanggul Sungai Bodri di Desa Lanji sudah mencapai 70 persen. Kita prediksi bulan November perbaikan tanggul sudah selesai. Sehingga pada musim hujan yang kerap terjadi masalah di wilayah tersebut, bisa teratasi,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas PUPR Kendal, Sugiono menjelaskan, pembangunan tanggul menggunakan bored pile beton, dengan kedalaman mencapai 12 meter dan panjang tanggul mencapai 280 meter.

Menurutnya, metode bored pile sendiri digunakan, lantaran kontruksi tanah yang berada di area Sungai Bodri adalah tanah gerak.

“Adapun fondasi bored pile adalah suatu fondasi yang dipasang dengan cara mengebor tanah dengan diameter tertentu hingga mencapai kedalaman yang sudah ditentukan,” jelas Sugiono.

Setelah melihat kondisi tanggul di wilayah Lanji, Bupati Kendal kemudian menuju ke Desa Korowelang Kulon, untuk melihat kondisi tanggul yang berada di desa tersebut.

Menurut Dico, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak provinsi untuk membuat tanggul sementara.

“Pada tahun 2022 akan direncanakan pembuatan tanggul permanen untuk wilayah Korowelang Kulon,” terangnya.

Dico mengungkapkan, peninjauan di wilayah Korowelang Kulon ini, dalam rangka menindaklanjuti laporan dari kepala desa setempat, bahwa terdapat kondisi tanggul yang sudah parah.

“Maka dari itu saya kesini dengan Dinas terkait dan dengan pihak Provinsi telah berunding setidaknya dalam sebulan ini akan dibangun tanggul sementara,” ungkap Dico.(HS)

Share This

Ketegangan Mewarnai Proses Penertiban Pedagang Barang Bekas di Jalan Sendowo Semarang

Akpol Gelar Porsimaptar XXI, Peserta Ada Dari Luar Negeri