in

Bupati Kebumen Berikan Hibah Rp 2 Miliar untuk PCNU

Pembukaan Konfercab XV PCNU Kebumen, di Ponpes Al Kahfi, Somalangu, Sabtu (25/5/2024). (Foto : kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN – Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengatakan pihaknya terus berkomitmen untuk mendukung organisasi Nahdlatul Ulama (NU), agar terus maju dan berkembang.

Komitmen itu diwujudkan antara lain dengan pemberian bantuan dana hibah kepada PCNU Kabupaten Kebumen, yang jumlah terus meningkat tiap tahunnya.

Hal itu disampaikan Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, setelah Pembukaan Konfercab XV PCNU Kebumen di Ponpes Al Kahfi, Somalangu, Sabtu (25/5/2024).

Dia mengungkapkan, pada tahun pertama pemerintahannya, pihaknya mengalokasikan dana hibah untuk PCNU sebesar Rp150 juta, tahun kedua naik menjadi Rp 600 juta, dan tahun ketiga naik lagi menjadi Rp 1,5 Miliar, kemudian tahun ini naik menjadi Rp 2 Miliar.

“Ini adalah bentuk komitmen kami, NU sebagai sebagai mitra dari Pemerintah harus diberikan peran lebih luas dalam mengisi pembangunan di Kebumen, karena itu Pemda harus memberikan support agar organisasi Islam terbesar ini terus berkembang maju,” kata Bupati, seperti dirilis kebumenkab.go.id,

Bantuan tersebut, kata Bupati, bisa digunakan untuk mendukung kegiatan NU dari tingkat cabang atau PCNU sampai tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) di seluruh kecamatan di Kabupaten Kebumen.

“Harapan kami ini bantuan ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan NU di seluruh kecamatan yang ada atau sampai tingkat MWC NU, begitu juga badan otonom NU,” terangnya.

Ke depan, Bupati juga berharap agar tiap-tiap MWCNU punya gedung atau sekretariat untuk kegiatan bersama.

Ia menyadari bantuan Rp 2 Miliar untuk organisasi sebesar NU tentu masih kurang, namun paling tidak bantuan itu menjadi yang terbesar untuk organisasi kemasyarakatan.

Adapun untuk kegiatan Konfercab, Bupati Arif berharap bisa dilaksanakan dengan baik, dan damai. Siapapun Pengurus PCNU yang terpilih maka harus dihormati bersama.

“Saya sampaikan selamat mengikuti Konfercab, semoga acaranya berjalan lancar, damai dan apapun hasilnya harus kita hormati,” kata dia.

Sementara itu, Ketua PCNU Kebumen, Dawamudin Masdar menyampaikan terima kasih atas komitmen atau perhatian Bupati terhadap PCNU Kebumen.

Menurutnya support Pemda terhadap NU sudah sangat luar biasa, dan patut diapresiasi.

“Tentu kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati yang sudah memberikan perhatian yang luar biasa untuk kemajuan NU di Kebumen. Bantuan yang diberikan terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Alhamdulillah,” ujarnya.

Dawam menuturkan, pembangunan gedung PCNU Kebumen juga berkat bantuan hibah dari Pemerintah Daerah yang diperjuangkan oleh Bupati Arif.

Ia berharap, PCNU dan Pemda bisa terus bersinergi dalam mengisi pembangunan di Kebumen.

“Kemarin, saat ini, dan seterusnya, kita harap sinergitas PCNU dengan Pemda bisa terus berjalan bersama untuk Kebumen yang lebih baik,” kata dia. (HS-08)

Audiensi di DPRD, APTRI Blora dan PT GMM Bulog Siap Sesarengan Sejahterakan Petani Tebu

Hadiri Sunat Massal di Petarukan, Bupati Pemalang : Diharapkan Bisa Memotivasi Pengusaha Lain