in

Bupati Kebumen Berharap Sekolah Adakan Ekstrakurikuler Pencak Silat

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menggelar silaturahmi dan halalbihalal dengan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI), diikuti 16 padepokan di halaman Pendopo Kabumian, Kamis (18/5/2023). (Foto : kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN – Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto meminta semua sekolah di wilayahnya, untuk mengadakan ekstrakurikuler pencak silat.

Namun demikian pihak sekolah tidak boleh mewajibkan para siswa mengikuti ekstrakurikuler tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto ketika menggelar silaturahmi dan halalbihalal bersama 16 padepokan di bawah naungan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI), di halaman Pendopo Kabumian, Kamis (18/5/2023).

Sebagai Ketua IPSI, Bupati tentunya sangat mendukung tumbuh kembangnya pencak silat di Kebumen.

Karena itu dia berharap kepada seluruh sekolah di Kebumen, untuk menambah ekstrakulikuler pencak silat, sehingga sejak dini anak-anak sudah bisa diajari seni bela diri.

“Nanti tinggal disepakati sekolah tersebut mau menghadirkan padepokan pencak silat yang mana,” kata dia, seperti dirilis kebumenkab.go.id.

Menurut dia, penting adanya penambahan ekstrakurikuler pencak silat di sekolah-sekolah.

“Harus ada, tetapi siswa tidak boleh diwajibkan. Ia bebas untuk memilih karena ini berkaitan dengan merdeka belajar,” kata Bupati.

Bupati pun merasa bangga dengan pancak silat di Kebumen. Selain karena pengikutnya yang begitu banyak, pencak silat juga banyak menyumbang prestasi dengan berbagai kejuaraan.

“Ini bisa diliat dari banyaknya piala yang sudah diraih,” terang Bupati.

Bupati menyatakan pemerintah daerah akan terus berkomitmen memberikan dukungan terhadap IPSI, baik dukungan moral maupun finansial.

Dia menyebut bantuan untuk IPSI sudah dimasukan dalam bantuan anggaran untuk KONI.

“Untuk bantuan finansial tentu saja kita berikan, melalui KONI. Tahun ini ada dana hibah sebesar Rp2 miliar yang kita berikan ke KONI untuk penguatan olahraga di semua cabang olahraga,” terangnya.

Bupati berharap, bantuan bisa diberikan sebagai mana mestinya. Terlebih tak lama lagi akan ada Porprov Provinsi Jateng.

Bupati meminta kepada semua atlet yang akan bertanding untuk giat berlatih agar kontingen dari Kabupaten Kebumen bisa meraih emas. (HS-08)

1.470 Mitra BPS Cilacap Ikuti Pelatihan Sensus Pertanian 2023

Hadiri Pelantikan Pengurus Fatayat NU,  Bupati Temanggung : Semakin Baik Sesuai Jargonnya