in

Bupati Kebumen Akan Bantu Nelayan Perbaiki Kapal Rusak

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, ketika bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, menemui para nelayan di Pantai Pedalen, Kecamatan Ayah. (Foto : Kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN – Pemerintah Kabupaten Kebumen akan membantu para nelayan untuk memperbaiki kapal mereka yang rusak akibat diterjang ombak. Ombak besar yang terjadi di pesisir selatan Kebumen dalam pekan ini, juga menyebabkan para nelayan tak berani melaut.

Perhatian akan nasib para nelayan tersebut, diungkapkan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, ketika bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, menemui para nelayan di Pantai Pedalen, Kecamatan Ayah.

Dalam kunjungan itu, Bupati melihat langsung banyaknya kapal yang terpakir di bibir pantai, tidak beroperasi. “Jadi ada lima kapal yang rusak. Dua masih bisa diperbaiki, dan tiga kapal tidak bisa diperbaiki karena rusak berat. Nanti akan diupayakan untuk dibantu melalui Dinas Perikanan dan Kelautan,” kata Bupati Arif, di Pantai Pedalen, seperti dirilis Kebumenkab.go.id.

Untuk kapal yang bisa diperbaiki, diperkirakan dibutuhkan biaya Rp 3 juta untuk satu kapal. Adapun untuk pembelian satu kapal baru, sebesar Rp 16 juta. Pemkab kata Bupati, akan memberikan bantuan kepada nelayan, termasuk memberikan permodalan.

“Kita juga akan memberikan bantuan permodalan untuk mereka. Karena problem nelayan hari ini, hasil tangkapan mereka itu banyak dibeli dengan cara utang dulu. Tidak langsung cash. Jadi kadang mereka tidak punya simpanan uang. Nanti akan kita bantu permodalannya melalui kelompok nelayan,” kata dia.

Sementara itu Kurniawan dari perwakilan nelayan, mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah memberikan perhatian kepada nelayan. Bantuan tersebut, kata dia sangat dibutuhkan agar bisa kembali melaut.

“Saya pribadi dan juga para nelayan mengucapkan terima kasih Pak Bupati yang mau mengupayakan adanya bantuan perbaikan kapal ini. Sementara ini kita memang tidak bisa bekerja karena kapal rusak. Dalam situasi yang sulit ini, bantuan dari Pak Bupati menjadi sangat berharga bagi kami,” ucapnya. (HS-08)

Share This

Mengajak Jaga Kamtibmas, Kapolres Pati Kunjungi Para Kiai NU

Target Vaksinasi Blora 600 Ribu Warga