Bupati Karanganyar : Setiap Orang Berhak Mendapat Pemakaman yang Layak

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat menyampaikan jawaban terhadap pemandangan umum fraksi DPRD Karanganyar, Jum’at (23/10). (Foto :karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Bupati Karanganyar, Juliyatmono menekankan bahwa setiap orang yang meninggal dan dimakamkan di Karanganyar, berhak untuk mendapat pemakaman yang layak.

Penjelasan Bupati tersebut disampaikan dalam Rapat Paripurna dengan agenda jawaban Bupati atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD  Kabupaten Karanganyar, terhadap nota penjelasan Bupati atas penyampaian 6 Raperda, di gedung DPRD Karanganyar, Jumat (23/10).

Seperti dirilis karanganyarkab.go.id, Bupati menyampaikan beberapa point penting, termasuk soal pemakaman, pertanian, lingkungan dan sebagainya.

Kepada Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP), Bupati mengatakan bahwa Raperda tentang Penyelenggaraan Pemakaman ini, akan menjadi payung hukum agar setiap orang mendapatkan pemakaman yang layak.

Hal ini dapat diwujudkan melalui tata kelola yang dilaksanakan dengan tertib, efektif dan efisien serta mempertimbangkan nilai keadilan di masyarakat.

Bupati juga menyatakan sependapat dengan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS), terkait usulan mengenai perlunya pengaturan pengangkutan dan pengawalan jenazah.

Dengan aturan ini diharapkan pengangkutan dan pengawalan jenazah bisa dilakukan secara tertib, teratur, dan tetap mematuhi peraturan berkendara. Menurut bupati, hal itu akan diintegrasikan dalam substansi pengaturan Raperda ini, karena pada dasarnya jalan merupakan fasilitas publik, yang penggunaannya harus memperhatikan kepentingan umum.

Kepada Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB), dikatakan Pemkab saat ini baru bisa memberikan pelayanan berupa pemakaman dan sewa makam. Karena itu retribusi pelayanan pemakaman yang diatur dan ditetapkan, adalah sebatas pada layanan yang disediakan, sesuai prinsip dasar pemungutan retribusi.

Sementara itu untuk Raperda Penyelenggaraan Pertanian, Kepada Fraksi Golkar, Bupati menyatakan harapan bahwa dalam penyusunan raperda ini, dapat mengurai berbagai persoalan dan memberikan solusi bagi petani. Hal ini agar nantinya produksi pertanian bisa semakin maju, sehingga dapat mendukung ketersediaan dan ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Kepada Fraksi Partai Demokrat, Bupati mengatakan perlu ada keseimbangan dalam kebijakan pengembangan 3 sektor unggulan daerah, yaitu industri, pertanian dan pariwisata.

Sementara itu Pemkab juga menyampaikan terima kasih atas masukan dan dukungan dari Fraksi Partai Gerindra, untuk berkomitmen bersama mewujudkan lingkungan kondusif dan ramah bagi tumbuh kembang anak. Dengan demikian anak dapat berkembang sesuai potensi, minat dan bakatnya. Dia juga berharap, ke depan Kabupaten Karanganyar benar-benar menjadi Kabupaten Layak Anak.

Selanjutnya mengenai Raperda tentang Pencabutan Peraturan Daerah nomor 13 tahun 2009 tentang irigasi, kami selaku Pemkab Karanganyar berterima kasih atas saran dan dukungannya dari Fraksi PAN Demokrat. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.