Bupati Juliyatmono Pernah Bersumpah Harus Jadi Bos PNS

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyerahkan SK kepada salah satu CPNS formasi tahun 2019, (Foto : Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Jika ingin menjadi kaya, jangan jadi pegawai negeri sipil (PNS), tetapi jadi pengusaha atau politikus, agar kelak bisa lebih dari PNS.

Hal itu disampaikan Bupati Karanganyar, Juliyatmono ketika menyerahkan surat keputusan (SK) kepada 244 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Karanganyar, di Halaman Kantor Setda.

Dia meminta agar CPNS yang dilantik saat itu, juga tulus untuk mengabdi dan tidak usah membayangkan jadi kaya.

“Jika ingin kaya, ambil jalur lain semisal pengusaha atau wirausaha. Sebab PNS bukan menjadikan kaya,” kata dia, Selasa (12/01), seperti dirilis Karanganyarkab.go.id.

Bupati menuturkan, 24 tahun lalu dia juga pernah mengikuti upacara penerimaan SK sebagai PNS di Kabupaten Karanganyar. Saat itu dia mengucap di dalam hati, bahwa kelak dia harus menjadi bos dari para PNS. Apa yang dicita-citakannya itu kemudian terwujud, karena kemudian dia menjadi Bupati Karanganyar.

Saat itu, lanjut Juliyatmono, dia kemudian berusaha mewujudkannya. Setelah mengundurkan diri dari PNS, dia kemudian menjadi anggota DPRD. Karir politiknya terus menanjak hingga kemudian dia mendapat kepercayaan masyarakat, untuk memimpin Karanganyar.

Orang nomor satu di Karanganyar itu, juga mengingatkan bahwa sebagian otak manusia dipenuhi prasangka negatif. Prasangka buruk itulah yang menghalangi pesan baik atau berbuat baik.

“Karena itu saya meminta sebagian besar prasangka itu dihapus dengan istigfar atau memohon ampun. Saya juga berharap PNS setia dan loyal pada Pemkab Karanganyar. Bekerjalah dengan cinta, ikhlas, dan penuh semangat,” tambahnya.

 

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM), Suprapto menambahkan para CPNS yang menerima SK ini, sudah melalui seleksi sesuai ketentuan yang berlaku. Mulai seleksi administrasi hingga kompetensi diharapkan mereka dapat profesional dan mempunyai loyalitas yang tinggi.

SK CPNS diberikan kepada 244 orang, dengan NIP tertanggal 1 Desember 2020. Sebagian besar dari mereka, kemudian ditempatkan di Dinas pendidikan dan Kebudayaan, yakni sebanyak 140 orang.

Adapun lainnya, di Sekretariat Daerah sebanyak 3 orang, Inspektorat 2 orang, Baperlitbang 2 orang, Badan Kesbangpolinmas 2 orang, Disdukcapil 2 orang, Kesehatan 71 orang, Diskominfo 1 orang, Disparpora 2 orang, DPU-PR 3 orang, Dispermades 3 orang, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB 3 orang, DPMPTSP 2 orang, Disdagnakerkop 2 orang, Dinas Perhubungan 1 orang, Dipertan 5 orang. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.