in

Bupati Demak Salurkan Bantuan Perbaikan Rumah pada 39 Warga

Bupati Demak Eisti’anah menyerahkan Bantuan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (BP-RTLH), kepada 39 penerima manfaat, Jumat (1/7/22) dipusatkan di Balai Desa Tempuran. (Foto : dinkominfo.demakkab.go.id)

 

HALO DEMAK – Bupati Demak Eisti’anah menyerahkan Bantuan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (BP-RTLH), kepada 39 penerima manfaat, Jumat (1/7/22) dipusatkan di Balai Desa Tempuran.

Para penerima manfaat tersebut, adalah warga dari sembilan desa di Kecamatan Demak, masing-masing Betokan, Bintoro, Bolo, Cabaean, Karangmlati, Katonsari, Kedondong, Mulyorejo, dan Tempuran.

Plt Kepala Dinperkim, Akhmad Sugiharto, dalam laporannya mengungkapkan bahwa tujuan dari bantuan ini, supaya dapat membantu warga, agar lebih sehat dan sejahtera.

“Maksud dan tujuan dari pencairan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni Kabupaten Demak tahun 2022 ini, untuk membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah agar dapat hidup lebih sehat dan sejahtera. Serta meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan tujuan memberantas kemiskinan dan keterbelakangan,” katanya, seperti dirilis dinkominfo.demakkab.go.id.

Pencairan BP-RTLH Rekom 1 tahap 1 sebanyak 442 unit yang tersebar di 12 Kecamatan.

Yang masing-masing menerima manfaat, mendapat Rp 15 juta dengan rincian Rp 13 juta untuk material, Rp 1,6 Juta untuk upah tenaga kerja, dan Rp 400.000 untuk administrasi.

Sementara Bupati Demak Eisti’anah dalam sambutan dan arahan nya menyampaikan, bantuan perbaikan RTLH merupakan salah satu kegiatan penanganan kemiskinan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal.

“Melalui perbaikan atau rehabilitasi kondisi rumah tidah layak huni ini, Insyaallah masyarakat nantinya akan memiliki rumah layak huni sesuai dengan standar keselamatan dan ketahanan bangunan,” kata Bupati, seperti dirilis demakkab.go.id.

Menurut dia, rumah yang layak huni sangat penting bagi kehidupan warga, karena fungsinya bukan sekadar sebagai tempat berteduh, melainkan juga tempat tinggal dan tempat keluarga berinteraksi.

Eisti berharap bantuan ini dapat meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat, serta dapat menjadi referensi bagi pemerintah, guna mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Demak.

Dia juga meminta kepada camat, para kepala desa serta forkopimcam, untuk menggerakkan masyarakat agar bergotong-royong membantu pembangunannya.

“Pantau dan kawal pelaksanaan program bantuan RTLH ini mulai dari pencairan hingga pelaksanaan rehab. Segera laporkan apabila di lapangan nantinya ditemui kendala,” kata dia.

Salah satu penerima dari bantuan RTLH dari Bintoro, Tanti Ningsih (38) mengungkapkan perasaan senang dan bahagia.

“Alhamdulillah dapat bantuan, sejak dulu di tunggu-tunggu dan baru sekarang di berikan. Semoga bisa ada program seperti ini lagi, semoga dananya juga bisa di tambah untuk masyarakat yang kurang mampu,” kata dia.

Ungkapam senada disampaikan Wartini (37) warga Bintoro lainnya, bahwa dirinya senang dan bahagia telah menerima bantuan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Adhi Setiawan pemimpin Bank Jateng KC Demak, Ketua Komisi C Tatiek Sulistijani, Forkopimcam, beserta para penerima bantuan RTLH di Kabupaten Demak. (HS-08)

Kurang dari Sebulan, Kasus PMK di Demak Naik Lima Kali Lipat

Dua Atlet Soina asal Grobogan Wakili Jateng Ikuti Kejuaraan Tingkat Nasional