in

Bupati Demak Minta Camat Tegas Larang BABS

Bupati dr Hj Eisti’anah SE dalam Deklarasi Open Defecation Free atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kecamatan Demak, Karanganyar, Gajah, dan Karangtengah, baru-baru ini. (Foto : Demakkab.go.id)

 

HALO DEMAK – Bupati Demak dr Hj Eisti’anah SE, meminta para Camat di wilayahnya, untuk bertindak tegas dan mengajak Kepala Desa menerbitkan Peraturan Desa tentang larangan buang air besar sembarangan (BABS).

Ketegasan itu diperlukan karena masih ada keluarga di Demak, yang belum sadar kesehatan lingkungan, dengan buang air besar di sembarang tempat.

Penegasan itu disampaikan Bupati dr Hj Eisti’anah SE, dalam Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) Kecamatan Demak, Karanganyar, Gajah, dan Karangtengah, baru-baru ini. Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka percepatan ODF Kabupaten Demak menuju kabupaten sehat.

Bupati berharap pada 2022, di seluruh wilayah Kabupaten Demak tidak ada lagi orang yang buang air besar di sembarangan tempat. Stop BABS, juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung program Universal Akses yaitu 100% Akses Air Minum, 0% Kawasan Kumuh, dan 100% Akses Sanitasi yang Layak.

“Ini harus diperhatikan, mengingat pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat, sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit. Maka dari itu, dibutuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keberadaan jamban. Di mana, idealnya satu rumah satu jamban,“ kata Bupati, seperti dirilis Demakkab.go.id.

Senada dengan Bupati, Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan, dr. Anggoro Adi Sasono MM, mengatakan kebiasaan membuang limbah secara banyak, juga di bidang kesehatan dan sebagai media bibit penyakit seperti diare, typus, muntaber, disentri, kecacingan, dan gatal-gatal.

Selain itu dapat menimbulkan pencemaran lingkungan pada sumber air dan bau busuk serta estetika. Dengan ODF yang dicanangkannya di empat kecamatan, warga masyarakat akan merasa nyaman dan siap menuju perilaku hidup bersih dan sehat. (HS-08).

Share This

Inayatul Mardiyah Juara Lomba Pidato di Makodim Demak

Jalur Pedestrian Rowo Jombor Klaten, Tahun Ini Dibangun Sepanjang 2,6 Km