in

Bupati Demak Launching Portal Satu Data

Acara penandatanganan Komitmen Lima Pilar dan Launching portal Satudata Demak, di Ruang Grhadika Bina Praja Kabupaten Demak. Kamis, (16/02/2023) (Foto : demakkab.go.id)

 

HALO DEMAK – Pemkab Demak menandatangani Komitmen Lima Pilar dan Launching portal Satudata Demak, di Ruang Grhadika Bina Praja Kabupaten Demak. Kamis, (16/02/2023)

Dalam laporannya, seperti dirilis Satudata Demak, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak, Endah Cahya Rini menjelaskan, terdapat lima pilar penyangga Sistem Pemerintahan Berbasis Teknologi yang terintegrasi.

Masing-masing adalah Program Smart City, Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Satu Data Indonesia, serta Keterbukaan Informasi Publik.

Menurut Endah Cahya Rini, lima pilar ini dapat terwujud karena kerja sama dan komitmen yang tinggi serta kolaboratif yang baik antar-OPD terkait.

Dia juga menyampaikan, Program Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Demak, berdasarkan hasil accessment Bappeda dan Diskominfo Provinsi Jawa Tengah tahun 2022, telah masuk 10 besar dalam pengelolaan Satu Data Indonesia, dengan tingkat kematangan terpadu dan terukur.

Dalam kesempatan itu, Endah juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Demak, Eisti’anah; Ketua DPRD Demak, H Fachrudin Bisri Slamet; Wakil Bupati Demak,  Ali Makhsun; Sekda Demak dan para pimpinan OPD se kabupaten Demak beserta jajarannya, yang telah mendukung penuh pelaksanaan program-program berkelanjutan hingga saat ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran video Launching SatuData Demak yang diresmikan oleh Bupati, Ketua DPRD dan Wakil DPRD serta disaksikan oleh seluruh pimpinan OPD dan camat se kabupaten Demak.

Sementara, Bupati Demak Eisti’anah mengucapkan selamat atas launching satudata.demakkab.go.id.

Dengan adanya portal satu data ini, akan memudahkan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.

“Saya minta kepada OPD untuk bisa konsisten mengirimkan data yang sudah ditetapkan sebagai data prioritas. Dan terpenting jika ada perubahan segera update. Jangan menunda ini sangat penting, karena portal satudata ini bisa diakses luas oleh masyarakat,” kata Eisti, seperti dirilis demakkab.go.id.

Eisti menyebutkan saat ini Pemkab terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan kemudahan bagi warganya.

Salah satunya melalui peningkatan tata kelola pemerintah dan pelayanan publik berbasis smart city.

“Alhamdulillah pada tahun 2022, Kabupaten Demak telah menerima penghargaan untuk implementasi quick wins Cengkraman Mata Elang (CME). Diharapkan tahun ini akan muncul quick wins  baru 6 pilar Smart City lainnya, yang menjadi unggulan kita,” kata dia.

Dia meminta jajarannya untuk terus bergerak bersama, menyamakan persepsi dan kontribusi, memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

“Saya minta kegiatan ini bukan seremonial, namun menjadi titik awal bagi semua untuk berkomitmen dan terus berkolaborasi memberikan pelayanan yang lebih mudah, murah dan cepat,” kata dia. (HS-08)

Anak Buaya yang Ditemukan di Blora, Diserahkan ke BKSDA RKW Pati

Bupati Semarang Ajak Iwapi Terus Kembangkan UMKM