Bupati Budhi Sarwono dan Pemkab Banjarnegara Kirim Bantuan untuk Korban Banjir dan Gempa

Bupati Budhi Sarwono secara simbolis menyerahkan bantuan untuk para korban bencana alam. (Foto : Banjarnegarakab.go.id)

 

HALO BANJARNEGARA –Pemerintah Kabupaten Banjarnegara telah mengirimkan bantuan kepada daerah yang terdampak bencana alam, di sejumlah wilayah di Indonesia. Bantuan secara pribadi juga dikirimkan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono untuk para warga terdampak.

Seperti dirilis Banjarnegarakab.go.id, kemarin bantuan dari Pemkab Banjarnegara  yang diberikan adalah berupa donasi Rp 1 miliar, yang dibagi untuk lima daerah terdampak bencana gempa bumi dan banjir.

Masing-masing daerah yang dibantu tersebut, adalah Kabupaten Mamuju dan Majene (Sulawesi Barat), Banjar dan Tanah Laut (Kalimantan Selatan), dan Kabupaten Sumedang (Jawa Barat).

Untuk masing-masing daerah, Pemkab Banjarnegara mentransfer Rp 200 juta ke rekening kas daerah masing-masing.

Adapun Bupati Budhi Sarwono, secara pribadi juga mengirimkan uang donasi sebesar masing-masing Rp 100 juta, untuk tiga wilayah, yang disalurkan langsung ke 3 lokasi bencana. Total yang dikirimkan langsung sebesar Rp. 300 juta.

“Mulai tanggal 6 Januari kita telah mengirimkan bantuan ke Kalimantan Selatan melalui Martapura menuju Tanah Laut dan Banjar, kemudian untuk Sulawesi Barat di Mamuju dan Majene, dan tanggal 20 Januari kemarin kita baru kirim ke Sumedang. Untuk lima daerah masing-masing 200 juta, langsung transfer ke kas daerah karena lebih tepat sasaran,” ungkapnya.

Bupati Budhi Sarwono mengatakan, donasi tersebut dasarnya instruksi Mendagri agar kepala daerah bersatu, dan peduli kepada daerah yang terdampak bencana.

Di sisi lain, sebagai wujud kepedulian kepada sesama anak bangsa, yang sedang dilanda gempa dan banjir. Budhi berharap bantuan ini menjadi jalan kebaikan dan pembuka pintu keberkahan bagi Pemkab dan masyarakat Banjarnegara.

“Tak lupa kami kirim doa, semoga Allah menguatkan dan melindungi saudara-saudara kita yang terdampak bencana di sana. Kita juga berpedoman kepada sila kedua dan ketiga Pancasila,” kata Bupati Budhi Sarwono di Banjarnegara, Jumat (22/1), seperti dirilis Banjarnegarakab.go.id.

Bupati Budhi Sarwono mengaku punya ikatan kuat dengan masyarakat di ketiga daerah tersebut, karena di waktu muda pernah bekerja dan berkiprah di sana.

“Namun dengan siapapun dan di manapun kita harus peduli, karena semua manusia itu bersaudara. Di manapun kita berkiprah, kita datang sebagai saudara. Ketika saudara kena musibah, kita ikut terpanggil,” imbuhnya.

Kesemua donasi telah dikirimkan oleh utusan Pemkab Banjarnegara melalui BPBD. Secara simbolis, bantuan telah diterima oleh masing-masing daerah terdampak bencana.

Plt Bupati Majene H Lukman SPd MPd, melalui video singkatnya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Banjarnegara dan Bupati Budhi Sarwono secara pribadi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dan masyarakat Banjarnegara atas bantuannya, dan selanjutnya bantuan akan kami serahkan kepada yang terdampak. Semoga Bapak Bupati dan masyarakat Banjarnegara senantiasa diberikan kesehatan dan panjang umur, sukses selalu,” ucapnya melalui video berdurasi kurang dari 1 menit itu.

Seperti diberitakan di berbagai media sebelumnya, gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Majene dan Mamuju di Provinsi Sulawesi pada 18 Januari lalu.

Sementara dari Kalimantan Selatan, 7 Kabupaten / kota terdampak banjir besar yakni Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, Kota Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong. Puluhan ribu masyarakat mengungsi. (HS-08).

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.