in

Bupati Boyolali Bakal Gelar Buka Puasa Ramadan di 22 Kecamatan

Pelaksanaan Bukberling Tahun 2021 di Kecamatan Ampel. (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, menyiapkan berbagai kegiatan, untuk mengisi bulan suci Ramadan. Kegiatan tersebut antara lain buka puasa bersama Bupati dan Waki Bupati Boyolali, di 22 Kecamatan secara bergantian.

Analis Kebijakan Ahli Muda bagian kesra pada Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Boyolali, Partini, menjelaskan tersebut akan diawali, Senin (4/4/2022) di Masjid Agung, di Desa Ngenden, Kecamatan Ampel.

Adapun selanjutnya, kegiatan serupa akan dilaksanakan secara bergantian di kecamatan-kecamatan lain, dan diakhiri Sabtu (30/4/2022), di Masjid Mujahidin, Desa Sampetan, Kecamatan Gladagsari.

Menurut dia, kegiatan tersebut akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, program buka puasa bersama dilaksanakan oleh dua tim. Adapun tahun ini hanya oleh satu tim, yang terdiri atas Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, dan pimpinan lima organisasi perangkat daerah (OPD).

Dalam kegiatan tersebut, sekaligus akan diberikan bantuan kepada takmir masjid di masing-masing kecamatan, sebesar Rp 50 juta untuk satu masjid.

“Ada pembagian bantuan untuk masjid yang ditempati silaturahmi. Besarannya Rp 50 juta,” katanya, Jumat (1/4/2022), seperti dirilis Boyolali.go.id..

Kegiatan tersebut juga akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, karena wabah Covid-19 belum hilang. Jumlah undangan dan rombongan yang menyertai Bupati dan Wabup Boyolali akan dibatasi, selain itu diterapkan jaga jarak.

“Jadi tidak seperti dulu ketika masih kondisi bebas,” kata Partini.

Dia mengimbau masyarakat untuk menjalankan ibadah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, agar aman dan nyaman di masa pandemi Covid-19.

Selain kegiatan buka puasa bersama di 22 kecamatan, Pemkab Boyolali juga mengadakan Peringatan Nuzulul Qur’an, di Masjid Ageng Kabupaten Boyolali.

“Rencana ada di Nuzulul Qur’an itu kita rencanakan tanggal 18 April hari Senin. Menjelang bukber direncanakan ada pengajian Masjid Ageng,” kata dia. (HS-08)

Lestarikan Budaya Jawa, Sri Mulyani Dapat Gelar Kehormatan dari Keraton Solo

Bupati Purworejo Minta Guru Jangan Minta atau Beri Amplop