in

Bupati Blora Minta Ekplorasi Migas Libatkan Warga Lokal

Sosialisasi Pembangunan Fasilitas Produksi dan Workover 2021 pada sumur NGU-1X Alas Dara Kemuning (Kecamatan Jiken), Rabu (8/9), di Pendopo Rumah Dinasnya. (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Bupati H Arief Rohman SIP MSi meminta agar SKK Migas dan Pertamina EP Cepu ADK, melibatkan sebanyak mungkin warga lokal, dalam eksplorasi migas di lapangan Alas Dara Kemuning Kecamatan Jiken.

Hal itu disampaikan Bupati Blora H Arief Rohman SIP MS, ketika menerima kunjungan pimpinan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) ADK, bersama perwakilan SKK Migas, Rabu (8/9), di Pendopo Rumah Dinasnya.

Dalam kunjungan itu, Bupati menerima informasi mengenai Pembangunan Fasilitas Produksi dan Workover 2021, pada sumur NGU-1X Alas Dara Kemuning (Kecamatan Jiken).

“Semoga kegiatannya berjalan lancar. Kami berpesan agar pelaksana project bisa memaksimalkan konten lokal untuk mendukung kelancaran pembangunan fasilitas produksinya. Tolong warga sekitar dilibatkan agar bisa menyerap tenaga kerja lokal, minimal untuk sektor unskill,” kata Bupati, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Bupati sangat berharap kegiatan migas di lapangan Alas Dara Kemuning oleh PEPC ADK ini bisa berhasil dan berkontribusi dalam peningkatan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas bagi Kabupaten Blora.

“DBH Migas dari Blok Cepu kita sangat minim, dan terus kita upayakan agar ada revisi kebijakan. Di sisi lain, maka kita optimalkan keberadaan lapangan migas lainnya di Kabupaten Blora agar bisa dieksplorasi salah satunya lapangan Alas Dara Kemuning ini. Semoga berhasil dan meningkatkan DBH Migas Blora yang bisa kita manfaatkan untuk pembangunan daerah,” tambah Bupati.

Bupati mengatakan Blora saat ini sedang butuh banyak dukungan, untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur. Sehingga pihaknya ingin keberadaan operasional Pertamina bisa turut mendukung hal tersebut.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabanusa), Indra Zulkarnain, menyampaikan terima kasih atas penerimaan dan kerjasama yang baik selama ini antara pemerintah Kabupaten Blora dengan para Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Migas yang melakukan operasi di wilayah Kabupaten Blora.

“Dukungan dari pemerintah kabupaten menjadi faktor pendukung lancarnya operasi migas. Kami mohon didukung untuk melakukan kegiatan eksplorasi dan produksi di Jiken yang akan dilakukan PEPC ADK,” kata Indra Zulkarnain.

Direktur PEPC ADK, Deddy Syam dalam paparannya, menyampaikan rencana pembangunan fasilitas produksi di area sumur NGU-1X, di wilayah Jiken, di antara Desa Nglobo, Jiken, dan Genjahan. Dia juga menyampaikan rencana pembukaan sumur eksplorasi tahun 2017 yang akan dijadikan sumur produksi.

“Kami telah melakukan persiapan kegiatan pembangunan fasilitas produksi dan pembukaan sumur (workover) ini. Selain itu, dikarenakan kegiatan ini dilaksanakan ditengah pandemi, maka kami juga menerapkan protocol Covid-19 secara ketat agar seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan aman,” ujar Deddy Syam, Direktur PEPC ADK.

Pihaknya berharap kegiatan ini bisa menghasilkan gas alam yang nantinya bisa menunjang produksi migas nasional dan tentunya membawa manfaat ekonomi bagi Kabupaten Blora sebagai daerah penghasil.

“Targetnya akhir 2021 nanti sudah bisa berproduksi. Sebenarnya ini project lama sejak 2017, namun karena berbagai hal ditambah adanya pandemic sehingga pelaksanaannya tertunda,” tambah Deddy Syam. (HS-08)

Share This

Hutan Mangrove Pasar Banggi Terpilih Sebagai Wisata Percontohan di Rembang

PPKM Level 3 di Klaten Diperpanjang, Satgas Covid-19 Perkuat 3T