in

Bupati Blora Dorong Stai Khozinatul Ulum Dirikan Balai Penelitian

Bupati Blora menghadiri penarikan mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) XI dan penutupan PPL STAI Khozinatul Ulum Blora Tahun 2021, di Balai Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Minggu (29/8). (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi mendorong Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Khozinatul Ulum, Blora untuk berinovasi. Perguruan tinggi tersebut juga didorong untuk bersinergi dengan pemerintah untuk memajukan Kabupaten Blora.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati Blora ketika menghadiri penarikan mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) XI dan penutupan PPL STAI Khozinatul Ulum Blora Tahun 2021, di Balai Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Minggu (29/8).

“Saya mengapresiasi pemilihan Todanan sebagai lokasi KKN. Harapan saya, dengan adanya mahasiswa KKN di sini, dapat mendorong warga untuk berinovasi. Sebagai contoh, membuat variasi olahan makanan berbahan baku ketela, yang banyak tumbuh di Todanan,” kata Bupati Arief Rohman, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Bupati juga mendorong STAI Khozinatul Ulum, untuk mendirikan balai penelitian dan bersinergi dengan dinas terkait, demi memajukan Kabupaten Blora.

“Saya juga berharap, STAI Khozinatul Ulum ini untuk mendirikan balai atau laboratoroum penelitian yang nantinya dapat mengembangkan inovasi – inovasi yang bermanfaat untuk kemajuan Blora. Silakan berkoordinasi dengan Bappeda. Juga untuk pemilihan lokus KKN kalau bisa di desa yang masih jauh dari jangkauan. Sehingga kehadiran mahasiswa KKN dapat lebih dirasakan manfaatnya,” kata dia.

Sebelumnya, 104 mahasiswa STAI Khozinatul Ulum, mengikuti KKN bertema “Pengembangan Inovasi Desa Berbasis Ekonomi Pendidikan dan Telnologi Sebagai Solusi di Tengah Pandemi Covid-19”, di 6 desa di Kecamatan Todanan. Wilayah-wilayah itu adalah Desa Ngumbul, Prigi, Bicak, Pelemsengir, Wukirsari, dan Kedungbacin.

Dalam laporan penyelenggaraannya Ketua STAI Khozinatul Ulum, Dr Nur Ihsan Saleh LC MA, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dari seluruh warga masyarakat Todanan, dan berbagai pihak yang berkenan menjadi tempat mahasiswa KKN.

“Kami atas nama segenap civitas academica STAI Khozinatul Ulum dan pribadi menyampaikan banyak terima kasih atas diizinkannya mahasiswa kami melaksanakan KKN di enam desa di Todanan. Terima kasih sudah memberikan kesempatan untuk mahasiswa kami mengajar di sekolah-sekolah di Todanan dan menerapkan ilmu ekonomi syariah di beberapa BUMDes dan lembaga keuangan yang ada. Semoga silaturahmi tetap terjaga dan mohon maaf apabila selama menjalani KKN, ada tingkah laku mahasiswa kami yang kurang berkenan,” kata dia.

Sementara itu Kades Ngumbul Supardi selaku salah satu desa lokasi KKN, menyampaikan terima kasih atas sumbangsih mahasiswa KKN dan PPL STAI Khozinatul Ulum.

“Saya pribadi sangat terbantu dengan kedatangan adik – adik mahasiswa ini, saya yakin mahasiswa STAI Khozinatul Ulum taat dan patuh dengan aturan karena berbasis agama. Kami mohon maaf kepada para mahasiswa, apabila ada warga kami yang kurang sopan dalam menerima adik-adik mahasiswa,” kata Kades.

Dalam kesempatan ini pula disalurkan bantuan bedah rumah dari Baznas Kabupaten Blora kepada salah satu warga Desa Prigi Kecamatan Todanan yang diserahkan oleh Bupati Arief Rohman dengan didampingi Wakil Ketua II Baznas Nur Rokhim.

Hadir mendampingi Bupati dalam acara ini Kepala Dinas PMD, Plt. Kepala Dinas Kesehatan sekaligus selaku Camat Todanan serta perwakilan Bappeda Blora. (HS-08).

Share This

Mantap Bertahan bersama Si Lili Putih

Buka Kongres Askab PSSI Cilacap 2021, Bupati Nilai Masih Stagnan