in

Bupati Blora dan UIN Walisongo Semarang Tandantangani MOU Kerja Sama Pendampingan Desa Miskin

Acara penandatanganan kerja sama Pemerintah Kabupaten Blora dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, di Ruang Pertemuan Setda Kabupaten Blora. (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Pemerintah Kabupaten Blora menandatangani piagam kerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, di Ruang Pertemuan Setda Kabupaten Blora, Rabu (5/5).

Kerja sama ini adalah dalam rangka pelibatan perguruan tinggi. untuk mendampingi desa-desa di Blora, agar dapat keluar dari garis kemiskinan.

“Potensi Blora luar biasa. Selain terkenal sebagai penghasil kayu jati, Blora juga surplus padi dan jagung. Tapi Blora kurang beruntung, karena potensi tersebut larinya ke luar kota. Oleh sebab itu, kami ingin membangun dari desa dengan segala potensinya, menjalin sinergi bersama universitas yang ada, untuk pendampingan mengolah potensi di desa, sehingga bisa keluar dari kemiskinan,” kata Bupati H Arief Rohman SIP MSi, ketika memberikan sambutan selamat datang.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, bentuk konkrit kerja sama dengan UIN Walisongo akan dirumuskan dengan baik.

“Pola kerja sama seperti apa, silakan dijajaki dan ditindaklanjuti oleh Bappeda. Bentuk konkretnya seperti apa, selain dalam bentuk penerjunan mahasiswa dalam KKN Tematik, kita ingin pendampingan seperti tadi yang saya sampaikan,” lanjut Bupati, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Walisongo Semarang, Dr Achmad Arief Budiman Mag, sebagai ketua rombongan UIN Walisongo Semarang, menyampaikan terima kasih dan mohon dukungan untuk dapat bersinergi dengan Pemkab Blora.

“Syukur Alhamdulillah, rombongan kami diterima langsung oleh Bapak Bupati. Kami menyampaikan permohonan maaf dari bapak Rektor, yang seharusnya hadir secara pribadi, tetapi dikarenakan ada sidang terbuka sehingga berhalangan hadir. Kami berharap untuk dapat bekerja sama membantu Kabupaten Blora, untuk memberikan pendampingan untuk desa. Kami juga mohon Bapak Bupati, mungkin ada warga Blora berprestasi yang ingin belajar di UIN, dapat diberikan beasiswa atau program sejenis dari Pemerintah Kabupaten Blora,” kata Wakil Rektor.

Setelah penandatanganan kesepakatan Pemerintah Kabupaten Blora dan UIN Walisongo, acara dilanjutkan dengan diskusi singkat kedua belah pihak.

Hadir dalam acara ini, Kepala Kemenag Blora, Kepala Dinas Pendidikan, Plt Kepala Bappeda, perwakilan pendamping desa Dinas PMD Blora, serta jajaran Bagian Pemerintah Setda Kabupaten Blora. (HS-08)

USM Beri Pelatihan Microsoft 365 Guru MAN 1 Kota Semarang

Sambut Hari Raya, Pemkab Kudus Antisipasi Penyebaran Covid-19