Bupati Batang Bersama HSNI Bagikan 60 Ton Beras Untuk Nelayan

Pembagian beras paceklik untuk nelayan di Batang, oleh Pemkab dan HSNI. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Pemkab Batang bersama Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Batang, dalam dua hari ini membagikan beras paceklik pada nelayan di wilayah tersebut.

Pembagian tahap pertama di lakukan Rabu (16/12) di Kantor Sekertariat KUD Ngupoyo Mino Karangasem Utara, Kabupaten Batang. Adapun untuk tahap kedua dilaksanakan hari ini, Kamis (17/12)

Ketua HNSI Kabupaten Batang Teguh Tarmujo mengatakan pembagian beras paceklik tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahun, setiap Desember.

“Jumlah yang terdaftar terakhir di kantor kami, 10.331 nelayan. Saat ini tersedia 60 ton beras yang siap dibagikan,” kata dia.

Pembagian beras tersebut sesuai kategori, yaitu nelayan aktif, nelayan tidak aktif, dan janda nelayan.

Pembagian beras paceklik dijadwalkan menjadi tiga tahap sesuai protokol kesehatan, agar tidak ada kerumunan yang terjadi. Jadwalnya tahap pertama pembagian hari Rabu 16 Desember 2020 dibagikan kepada Rukun Nelayan Satu sampai Delapan,

Untuk pembagian tahap kedua, dilakukan hari ini kepada Rukun Nelayan Sembilan sampai Empat Belas. Khusus tahap ketiga, pembagian beras langsung dikirim ke lokasi yang ditentukan, seperti Roban Barat, Roban Timur, Celong, dan Siklayu.

Bupati Batang Wihaji mengatakan pembagian beras paceklik adalah agenda tahunan, yang sejak dulu dilaksanakan setiap Desember. Pada masa-masa itu, nelayan mengalami paceklik karena gelombang tinggi.

Khusus untuk tahun ini, harga ikan juga mengalami penurunan sebagai akibat dari pandemi.

“Pembagian ini dari sebagian dari retribusi pajak yang berada di TPI Batang kita kembalikan lagi untuk nelayan seluruh Kabupaten Batang melalui HNSI berupa beras,” terangnya.

Diharapkan, penjualan ikan yang ada di Kabupaten Batang melalui TPI Batang agar nanti pajaknya bisa dikembalikan lagi untuk kesejahteraan nelayan kita. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.