Bupati Arif Sugiyanto Serahkan Dokumen Kependudukan Program Go LAK

Bupati Arif Sugiyanto didampingi Kepala Disdukcapil Maskhemi, menyerahkan dokumen kependudukan Go-LAK di Ponpes Al-Kahfi Somalangu (Foto : Kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mulai mewujudkan program 100 pertama pemerintahannya, antara lain dengan Program Go Layanan Administrasi Kependudukan (Go-LAK).

Bupati Arif Sugiyanto didampingi Kepala Disdukcapil Maskhemi, ketika menyerahkan dokumen kependudukan Go-LAK di Ponpes Al-Kahfi Somalangu, mengatakan program ini merupakan bagian dari upaya peningkatan tata kelola pemerintahan agar lebih baik, melalui pelayanan birokrasi yang responsif serta penerapan e-gov dan open-gov terintegrasi.

Go-LAK merupakan program layanan administrasi kependudukan secara jemput bola ke rumah warga, sesuai tagline “Ora Antri, Ora Suwe, Cepet Dadi”.

Program Go Lak merupakan salah satu wujud komitmen Pemkab dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Sekaligus untuk tercapainya tertib administrasi di Kabupaten Kebumen.

Dalam sambutannya seperti dirilis Kebumenkab.go.id, Bupati Arif Sugiyanto menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kebumen ini.

“Saya rasa kegiatan ini penting dan perlu diketahui oleh masyarakat luas, karena merupakan salah satu komitmen pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Kebumen, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Hal ini dalam rangka lebih mendekatkan dan mempermudah proses pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat,” kata Bupati Arif Sugiyanto.

Bupati juga berharap, setiap orang dapat memahami pentingnya dokumen kependudukan.

“Data kependudukan dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan, pelayanan publik, pembangunan demokrasi dan pencegahan kriminal. Sebab database kependudukan sudah semakin baik dan kekuatannya dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga perencanaan pembangunan yang kita laksanakan tepat sasaran,” ujarnya.

Bupati Arif Sugiyanto juga menegaskan bahwa saat ini dibutuhkan kecepatan, sehingga inovasi yang diluncurkan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil seperti saat ini yakni (Go-LAK) adalah langkah positif yang mutlak dilakukan dibarengi dengan soliditas dan solidaritas.

Inovasi ini tentu saja bermuara kepada layanan dengan mengedepankan nilai-nilai seperti nilai tambah, kecepatan, ketepatan, praktis, serta peningkatan kualitas untuk mewujudkan masyarakat tertib administrasi yang dapat menjamin hak dan kewajibannya.

“Saya berpesan agar benar-benar manfaatkan program pemanfaatan data ini dengan suatu bentuk implementasi yang positif sebagaimana sesuai ketentuan yang berlaku, sehingga data kependudukan yang dimiliki dapat dijadikan bahan untuk seluruh kepentingan yang berkaitan dengan pelayanan publik,” kata Bupati. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.