Bupati Arif Sugiyanto Sampaikan 28 Program Unggulan Kebumen

Bupati Arif Sugiyanto dan Ketua DPRD Kabupaten Kebumen H Sarimun Ssy, menunjukkan Nota Kesepakatan Rancangan Awal RPJMD Kebumen 2021-2026. (Foto : Kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, menyampaikan 28 program unggulan daerah Tahun 2021-2026, dalam rangka pencapaian visi misi daerah.

Program-program tersebut, antara lain pemberian kemudahan layanan administrasi kependudukan, e-Goverment, dan keterbukaan informasi publik.

Hal itu disampaikan Bupati dalam Rapat Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Kebumen Tahun 2021-2026, Jumat (16/4).

Selain digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kebumen, rapat yang dihadiri Bupati dan Wabup didampingi Sekda dan Asisten Sekda itu, juga diikuti secara virtual dari Pendopo Rumah Dinas Bupati oleh Staf Ahli Bupati, Para Pimpinan OPD serta Camat.

Dalam paparannya, bupati menyampaikan Visi Daerah Kabupaten Kebumen Tahun 2021-2026, yaitu “Mewujudkan Kabupaten Kebumen Semakin Sejahtera, Mandiri, Berakhlak Bersama Rakyat”,

Lebih lanjut Bupati mengatakan Pemkab berupaya memberikan kemudahan layanan administrasi kependudukan pada masyarakat, melalui Go-LAK.

Untuk mewujudkannya dilakukan peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan birokrasi agar lebih baik.

Selain itu optimalisasi e-Government, melalui program Kerispatih dan Tariyan. Keduanya adalah untuk penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan akuntabel dan peningkatan mutu pelayanan publik.

Pemkab juga berupaya meningkatkan keterbukaan informasi publik, termasuk anggaran pemerintah daerah, melalui Festival Anggaran serta program unggulan daerah lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan terima kasih atas masukan dan saran bagi penyempurnaan dokumen RPJMD Tahun 2021-2026.

“Pembahasan intensif pada rapat kerja, maupun pembahasan di panitia khusus pembahasan raperda RPJMD nanti kami harapkan dapat menghasilkan dokumen RPJMD yang semakin baik, dan membawa manfaat bagi masyarakat dan menjadi arah bagi pembangunan Kabupaten Kebumen,” kata Bupati, seperti dirilis Kebumenkab.go.id.

Bupati juga menyampaikan, selama lima tahun ke depan, pihaknya akan berfokus pada peningkatan infrastruktur dan mendorong pertumbuhan ekonomi sebagai upaya pemulihan pasca pandemi pada sektor primer (pertanian, kelautan dan perikanan) sektor sekunder (UMKM dan industri) dan tersier (perdagangan dan pariwisata).

“Prioritas tersebut kita harapkan akan berdampak positif pada upaya percepatan penanggulangan kemiskinan,” tambah Bupati.

Arif Sugiyanto menambahkan, program yang dilaksanakan akan lebih komprehensif, tidak hanya sebatas pada pemberian bantuan.

Menurutnya, penerima bantuan perlu didampingi agar dapat mandiri dan meningkat kesejahteraannya.

Selain itu, akan dibuat pelayanan rujukan terpadu dan terintegrasi dengan perangkat daerah pengampu program.

Layanan tersebut tidak hanya menampung keluhan masyarakat, namun juga harus responsif dalam menindaklanjuti keluhan tersebut.

” Visi misi daerah akan tercapai jika terbangun sinergitas, aksi kolaborasi dan satu tujuan yang sama demi Kebumen yang semakin sejahtera,” kata dia. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.