in

Bupati Ajak PKK Bersinergi dalam Penanggulangan Covid-19

Pelantikan pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Kudus, sisa masa bakti 2018-2023. Pelantikan dilaksanakan di Lantai IV Gedung Setda, Selasa (22/6), dengan protokol kesehatan secara ketat. (Foto : Laman Pemkab Kudus)

 

HALO KUDUS – Bupati Kudus HM Hartopo mengajak PKK untuk bersinergi, melawan Covid-19. PKK dapat berperan dalam mengampanyekan protokol kesehatan, hingga melaksanakan program Jogo Tonggo.

Hal itu disampaikan Hartopo, dalam pelantikan pengurus Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kudus, sisa masa bakti 2018-2023. Pelantikan dilaksanakan di Lantai IV Gedung Setda, Selasa (22/6), dengan protokol kesehatan secara ketat. Turut hadir, Sekda, Asisten, Kadinas PMD, serta secara vitual, TP PKK Kecamatan.

Mengawali sambutan, Hartopo mengucapkan selamat kepada para pengurus yang baru saja dilantik. Dirinya berpesan agar amanah dan tanggungjawab dapat dilaksanakan dengan sebaik- baiknya demi kesuksesan program dan kegiatan gerakan PKK di Kabupaten Kudus.

“Momentum ini diharapkan mampu memberikan spirit dan semangat baru bagi segenap jajaran TP PKK Kabupaten Kudus. Saya ucapkan selamat, semoga bisa mengemban amanah dan tanggungjawab dengan sebaik- baiknya,” ujarnya, seperti disampaikan laman Pemkab Kudus.

Sebagai penyuluh dan penggerak keluarga, PKK berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan. Bupati meminta gerakan PKK dapat hadir sebagai pendamping masyarakat, terutama dalam hal kesehatan dan pemberdayaan. Oleh karena itu, sinergi antara PKK dan OPD terkait sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan.

“PKK juga sangat berperan penting penggerak ekonomi mempunyai tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan terhadap wanita. Oleh karenanya kepada OPD terkait untuk dapat bersinergi, para camat dan kades men-support PKK di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, Hartopo mengimbau seluruh pengurus TP PKK agar menjadi pelopor prokes 5M dalam mengedukasi masyarakat. Selain itu, keikutsertaan PKK pada penguatan program jogotonggo maupun kampung siaga di desa harus tetap berjalan. Hal tersebut untuk mendukung upaya strategis pemerintah dalam menekan kasus Covid-19.

“TP PKK untuk menjadi pelopor prokes melalui 5M dan bersama-sama membantu sosialisasi dan edukasi pada masyarakat, hingga ke desa desa. Jangan lupa, untuk ikut serta dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19 sebagai upaya strategis menekan kasus Covid-19,” kata dia.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo mengajak pengurus yang berasal dari berbagai OPD untuk siap berkolaborasi dalam kegiatan PKK. Sesuai pesan Bupati, PKK kedepannya dapat terlibat dalam kegiatan OPD yang berhubungan dengan kesehatan dan pemberdayaan perempuan.

“PKK ini mempunyai bidang yang luas, banyak kegiatan tentang kesehatan dan pemberdayaan keluarga. Supaya kegiatan solid, maka kita harus lebih bersinergi dengan dinas-dinas terkait, selama ini yang telah banyak berjalan bersama dinas pertanian,” ujarnya. (HS-08)

Share This

Anggota Komisi XI DPR RI Serahkan Bantuan Ratusan Baju Hazmat

Sediakan 100 Ruang Isolasi Covid-19, Hotel Cepu Sudah Terisi 33 Pasien