in

Bupati Ajak Masyarakat Ikut Vaksinasi Untuk Perangi Corona

Bupati H Arief Rohman SIP MSi ketika meninjau vaksinasi Covid-19 di wilayahnya. (Foto : Blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Bupati H Arief Rohman SIP MSi mendorong masyarakat untuk bersedia divaksinasi. Pemerintah Kabupaten, TNI, dan Polri saat ini juga telah menggelar kegiatan vaksinasi, agar wilayah itu segera mencapai kekebalan komunitas.

Ajakan agar masyarakat bersedia divaksin, disampaikan Bupati H Arief Rohman SIP MSi, ketika bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati ST MM, Kapolres AKBP Wiraga Dimas Tama SIK, dan Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo KP SSos MTr (Han), Selasa (27/7/) melaksanakan roadshow meninjau vaksinasi Covid-19 di sejumlah lokasi.

Lokasi pertama yang ditinjauan, adalah di Graha Bethany Jalan A Yani Blora. Di tempat itu, Bupati sekaligus secara simbolis meresmikan bus gerai vaksinasi keliling Polres Blora, dengan memecahkan kendi disusul doa bersama.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama SIK menyampaikan bahwa gerai vaksinasi keliling ini, untuk mempercepat proses vaksinasi ke desa-desa yang jauh dari jangkauan.

“Bus Gerai Vaksinasi Keliling Presisi ini bertugas untuk melakukan vaksinasi di seluruh pelosok desa, yang selama ini tidak terjangkau oleh petugas kesehatan,” kata Kapolres Blora, seperti diirlis Blorakab.go.id.

Kapolres berharap dengan percepatan vaksinasi yang dilakukan, bisa menekan angka penularan Covid-19.

Penanggung jawab vaksinasi di Graha Bethany, Esther Srimining menyampaikan bahwa vaksinasi di tempat tersebut untuk masyarakat umum.

“Kami sampaikan kepada Bapak Bupati dan rombongan, vaksinasi di Graha Bethany ini terbuka untuk umum, dan berlangsung selama empat hari, mulai Kamis dengan total sasaran 1214 orang. Kami berterima kasih atas bantuan Polres Blora, dalam pelaksanaan vaksinasi ini,” kata Esther Srimining.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan apresiasi dan ajakan kepada seluruh warga masyarakat untuk menyukseskan vaksinasi.

“Terima kasih Bu Esther dan teman-teman yang berkenan menyediakan tempat, untuk pelaksanaan vaksinasi,” kata Bupati.

Bupati juga berpesan pada peserta vaksinasi, termasuk remaja untuk tidak takut. Menurut dia,  vaksin yang diberikan kepada masyarakat sudah dipastikan keamanannya, sekaligus bermanfaat untuk meminimalisasi dampak, ketika seseorang terpapar Covid-19.

“Mari bersama-sama kita perangi sebaran virus ini dengan mengikuti vaksinasi,” ajak Bupati.

Bupati juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran TNI dan Polri, yang telah banyak berperan dalam mendukung kesuksesan vaksinasi Covid-19.

Bupati berharap agar Bus Gerai Vaksin Presisi ini dapat menjangkau hingga ke pelosok desa. “Semoga bisa semakin aktif menjangkau wilayah-wilayah pedesaan, sehingga Dinas Kesehatan dan Puskesmas ikut terbantu,” ungkap Bupati Arief.

Bupati berpesan agar masyarakat bisa ikut turut serta menyukseskan gerakan vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah ini untuk menekan jumlah kasus pandemi Covid-19.

“Ayo ajak keluarga, saudara dan tetangga untuk ikut vaksinasi. Tidak ada vaksin yang bahaya, semua sudah ada tahapan pemeriksaannya secara medis. Yakinlah ini merupakan ikhtiar kita untuk kembali hidup sehat dan normal,” kata Bupati.

Sementara itu ketika meninjau vaksinasi di Desa Gunungan Todanan, Kecamatan Todanan, Bupati meminta agar Kades dapat mengupayakan agar warganya bersedia divaksin.

“Untuk meningkatkan partisipasi warga, Bu Kades bisa mengajak alim ulama atau sesepuh pini sepuh Desa Gunungan, untuk ikut vaksinasi. Tolong Pak Babinsa dapat door to door mengajak masyarakat, kalau perlu diantar-jemput Pak,” saran Bupati.

Kades Gunungan, Endang Karsinem pun menyatakan kesiapannya melaksanakan saran dan arahan Bupati dan mendorong warga desanya untuk mengikuti vaksinasi. Di mana dari sekitar 400 target vaksinasi, baru ada 49 warga yang hadir.

Berbeda dengan di Desa Gunungan, di Puskesmas Todanan masyarakat antusias untuk mengikuti vaksinasi. Bukan hanya orang dewasa, para pelajar pun banyak yang antre.

“Bapak atau ibu dan anak-anak berusia di atas 12 tahun, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Blora matur nuwun bapak, ibu, dan anak-anak kersa (mau) divaksin. Ini semua sebagai ikhtiar kita untuk memerangi persebaran Covid-19. Semoga semuanya sehat dan dijauhkan dari paparan virus ini,” kata Bupati.

Data yang masuk sasaran vaksin di UPTD Puskesmas Todanan, pada hari kedua berjumlah 250 orang meningkat dari hari sebelumnya 170 orang.

Bupati menyatakan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan pelaksanaan vaksinasi di desa-desa dengan sinergi bersama TNI-Polri.

“Alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi beberapa wilayah di Todanan sudah berjalan baik, tidak berkerumun dan sesuai dengan protokol kesehatan. Dan masih perlu ditingkatkan partisipasi warganya. Ini semua sebagai upaya kita bersama memerangi Covid19,” ucap Bupati.

Lokasi vaksinasi berikutnya yang menjadi fokus monitoring adalah PT GMM, yang bekerja sama dengan Kodim 0721/Blora, melalui Rumkitban (DKT) Wira Husada Blora, dengan total sasaran 500 orang. Rombongan diterima oleh Direktur Keuangan dan SDM PT GMM, Agus Susatya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Edi Widayat SPd, M.Kes, MH menyampaikan update capaian vaksinasi per 26 Juli kemaren. Menurutnya total vaksinasi dosis 1 sudah 14,6% dan dosis kedua 7% dari total 715.441.

Pada kesempatan itu, Andrianto, salah seorang pengguna jalan yang melintas, menyambut positif adanya bus gerai vaksin keliling ini. Menurutnya akan lebih bagus jika pihak terkait bisa mengumumkan jadwal kelilingnya agar masyarakat luas bisa mengikuti dengan baik.

“Bagus sih, seperti di Solo. Semoga ada jadwalnya juga yang di-share, mungkin lewat media sosial. Agar masyarakat tahu dan mau mengikuti, kan gratis. Apalagi jika ingin bepergian jauh sekarang juga harus menyertakan sertifikat vaksin,” harapnya. (HS-08).

Share This

Pegadaian Gelar Vaksinasi bagi Pegawai IJK di Wonosobo

Safin : Kemajuan Desa Butuh Kreativitas Pemuda