in

Bupati Agung Promosikan Batik Pemalangan

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo memperlihatkan batik khas Pemalang, bersama Mas dan Mbak Duta Wisata. (Foto : Pemalangkab.go.id)

 

HALO PEMALANG – Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, mempromosikan dan mengajak seluruh masyarakat, terutama PNS dan pelajar, untuk memakai produk batik khas Pemalang.

Ajakan itu disampaikan Bupati Pemalang, saat bersama Mas dan Mbak Duta Wisata Pemalang, talk show secara virtual, di ruang kerja Bupati, belum lama ini.

Kabupaten Pemalang telah memiliki produk batik unggulan yang telah dipatenkan, dengan motif khas kearifan lokal, antara lain sawat rantai, kepedak, gemek setekem, parang curiga, batik grombyang, batik bunga widuri, batik nanas madu, dan batik watukumpul.

Ada pula motif “Gotik” atau Goyor Batik yang merupakan paduan Sarung Goyor yang dibuat menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM) dengan batik. Goyor merupakan produk kain tenun khas Pemalang, yang telah diekspor hingga ke Timur Tengah.

“Saya harapkan kepada seluruh kepala OPD, untuk ikut mempromosikan produk Batik Pemalangan di setiap event yang diselenggarakan oleh masing-masing OPD, khususnya kegiatan yang diselenggarakan di luar daerah Kabupaten Pemalang. Dengan demikian ke depan akan dapat meningkatkan pendapatan UMKM perajin batik di Kabupaten Pemalang,” kata Agung, seperti dirilis Pemalangkab.go.id. (HS-08)

Share This

Dampingi Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Mopah, Puan Maharani : Harus Permudah Akses Transportasi Rakyat

Ketjeh Resto di Klaten Tawarkan Wisata Kuliner Sambil Bermain Air