in

Buntut Dangdutan HUT RI, Puluhan Warga Cepokomulyo Kendal Jalani Swab

Kepala Dinkes Kendal, Ferinando Rad Bonay.

 

HALO KENDAL – Buntut dari acara dangdutan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI, puluhan warga Desa Cepokomulyo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal menjalani tes swab di Puskesmas Gemuh I, Jumat (20/8/2021).

Pelaksanaan swab yang sudah dilakukan sejak pagi hari tersebut, untuk mengetahui ada atau tidaknya warga yang terpapar Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay saat dikonfirmasi mengatakan, usai kegiatan dangdutan peringatan HUT RI beberapa hari lalu tersebut, pihaknya melakukan swab kepada warga yang mengikuti acara.

Menurutnya, swab yang dilaksanakan di Puskesmas Gemuh I tersebut, berdasarkan atas permintaan dari kepolisian sektor (Polsek) yang ada di wilayah Kecamatan Gemuh.

“Jadi swab yang dilakukan petugas Puskesmas Gemuh 1 itu atas permintaan dari Polsek. Warga yang diswab dari Desa Cepokomulyo yang sebelumnya kabarnya ikut acara dangdutan malam tujuh belasan. Ada 15 sampai 30 orang yang akan kami swab. Swabnya sudah dilakukan sejak pagi,” ungkapnya.

Ferinando mejelaskan, setelah semuanya menjalani tes swab dan hasilnya ada yang menunjukan positif Covid-19, maka bagi mereka yang terpapar akan dilakukan isolasi.

“Selain itu, kami juga akan melakukan tracing kepada keluarga dari warga yang hasilnya menunjukkan terpapar Covid-19. Untuk isolasi bagi warga yang terpapar, akan kita tempatkan di RSDC atau tempat isolasi terpusat yang ada di desanya atau kecamatan,” jelasnya.

Ferinando juga mengimbau warga, meski PPKM di Kabupaten Kendal sudah turun level 3 dari sebelumnya level 4, namun itu bukan jaminan tidak akan terjadi kembali peningkatan kasus positif Covid-19.

Hal itu akan bisa saja terjadi, jika tidak ada kesadaran dan kedisiplinan dari masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat di tengah pandemi ini.

“Levelnya memang sudah turun jadi 3, kondisinya sudah membaik, akan tetapi belum baik. Jadi semua warga tetap harus mematuhi aturan prokes. Terutama memakai masker,” pungkas Ferinando.(HS)

Share This

Mujib Rohmat: Anggaran KUR Rp 180 Triliun, Baru Terserap 42 Persen

Peningkatan Jalan Gajah Semarang Dimulai Dengan Perbaikan Drainase