in

Bulog Salurkan Bantuan Beras ke 70.592 Keluarga di Karanganyar

Bupati Karanganyar, Juliyatmono memberangkatkan truk pendistribusian bantuan beras ke 17 Kecamatan di wilayah Kabupaten Karanganyar, Selasa (10/10/2023). (Foto : karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR– Sebanyak 70.592 keluarga di 17 kecamatan di Kabupaten Karanganyar, menerima bantuan pangan berupa beras, masing-masing 10 kilogram per bulan, selama tiga bulan, mulai September, Oktober dan November.

Hal tersebut disampaikan Pimpinan Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Surakarta, Andri Nugroho, pada pelaksanaan kegiatan pemberangkatan truk bulog dan penyerahan bantuan beras, di Pendopo RM Said Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (10/10/2023).

Andri mengatakan penyaluran bantuan pangan beras ini untuk tahap kedua, karena yang tahap pertama telah disalurkan selama tiga bulan yang dialokasikan pada bulan Maret, April dan Mei kemarin.

”Jadi saat itu pas waktu puasa dan pasca Lebaran. Tahap kedua ini, kita mulai September, Oktober, November dan informasi awal bisa sampai Desember 2023,” kata dia, seperti dirilis karanganyarkab.go.id.

“Untuk Karanganyar ini secara kuantum 705 ton / bulan selama tiga bulan,” terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan bantuan pangan tahap dua ini, untuk mengantisipasi kenaikan harga beras, yang memang saat ini mengalami lonjakan yang cukup tinggi.

Tentunya selain ada penyaluran pangan untuk masyarakat yang sudah terdaftar, dari Perum Bulog ada program stabilisasi harga dengan menggandeng Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan Dinas Sosial yakni Gerakan Pangan Murah dengan sasaran untuk keluarga penerima bantuan pangan.

“Harapannya semua bisa mendapatkan akses terhadap beras, meskipun saat ini terjadi lonjakan harga beras,” imbuhnya.

Sementara itu pada waktu yang sama, Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyambut baik dan mengapresiasi Perum Bulog dan semua pihak yang telah bekerja sama dengan baik untuk dapat menyalurkan bantuan pangan ini ke warga masyarakat Karanganyar.

“Hari ini kita distribusikan bantuan Pemerintah berupa beras masing masing 10 kilogram untuk 70 ribu lebih keluarga penerima manfaat se Kabupaten. Ini guna mengurangi biaya kemahalan harga beras yang sekarang melonjak. Ini bersifat nasional karena kekeringan luar biasa, gagal panen, perkiraan awal awal November hujan,” tuturnya.

Bupati berharap dengan pendistribusian bantuan beras ini dapat menguatkan masyarakat Karanganyar sejumlah 70.592  keluarga penerima manfaat menjadi sejahtera tercukupi dengan baik, di samping menyeimbangkan harga beras.

Menurutnya ini menunjukkan Pemerintah serius untuk menekan harga beras yang mulai merangkak naik.

“Terima kasih, mudah mudahan hari ini lancar terdistribusi dengan baik dan jangan dijual lagi. Menjadi bekal yang menguatkan menggembirakan untuk masyrakat Karanganyar. Semoga sejahtera dan segera turun hujan,” harapannya di hadapan para penerima. (HS-08)

Mbak Ita Ajak Masyarakat Muslim Kota Semarang Salat Istiska Memohon Berkah Hujan

Mengenal MA Riyadl, Madrasah Berbasis Riset dengan Banyak Prestasi