in

Bulan November, Pemkot Semarang Mulai Pasang 10.000 CCTV

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengecek Situation Room milik Pemerintah Kota Semarang.

 

HALO SEMARANG – Fokus untuk meningkatkan keamanan warganya, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berupaya untuk sesegera mengaplikasi sistem pengawasan melalui pemasangan 10.000 CCTV di seluruh wilayah di Kota Semarang. Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu menegaskan, percepatan realisasi pemasangan kamera pengawas yang akan terintegrasi dengan Situation Room milik Pemerintah Kota Semarang dan Polrestabes Semarang dirasa perlu, dengan tujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat. Rasa aman di masyarakat, katanya, menjadi salah satu hal yang mendesak. Dirinya menuturkan, sejumlah wilayah di Kota Semarang telah siap dipasangi CCTV pada awal November.

Hendi pun meyakinkan jika survei wilayah yang akan dipasangi perangkat kamera pengawas, dapat selesai pada bulan Oktober ini.

“Dari laporan masyarakat yang saya terima dari sistem Lapor Hendi, Call Center 112, hingga media sosial, sistem pengawasan kota secara visual ini mendesak segera direalisasikan. Untuk kemudian pihak-pihak terkait dapat lebih mudah dalam mengantisipasi potensi-potensi tindakan kriminal yang mungkin terjadi,” katanya.

“Maka dalam pekan ini seharusnya survei lokasi dan pembahasan spesifikasi kamera pengawas sudah selesai, yang kemudian perangkatnya dapat segera dipasang,” tegasnya.

Selain memasang kamera pengawas di 10.000 titik yang ada di Kota Semarang, Hendi juga berupaya untuk dapat mengintegrasikan CCTV milik pribadi yang dimiliki warga agar dapat diintegrasikan dengan Situation Room Pemkot Semarang dan Polrestabes Semarang.

Hendi meyakini, dengan konsep pembangunan bergerak bersama, maka peningkatan pengawasan kota tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja.

“Jadi targetnya tidak terbatas pada 10.000 CCTV yang akan dipasang, tapi titik pengawasannya bisa lebih dari itu,” tandasnya.

Di tempat berbeda, Camat Semarang Selatan, Eko Yuniarto menyebutkan, jika di wilayahnya pemasangan CCTV ditargetkan dapat dimulai pada awal November, sesuai yang diminta oleh Hendi selaku Wali Kota Semarang.

“Di Kecamatan Semarang Selatan sendiri pada pekan ini survei lokasi yang akan terpasang CCTV sudah selesai. Dan untuk CCTV-nya sudah dicoba untuk diintegrasikan. Jadi sesuai yang diharapkan, untuk Kecamatan Semarang Selatan awal bulan November diharapkan sudah terpasang semua,” tandasnya.(HS)

Share This

BRT Koridor III Semarang-Kendal Resmi Beroperasi, Tarif Rp 4.000 untuk Masyarakat Umum dan Rp 2.000 untuk Pelajar

USM Resmikan Gedung Parkir Tujuh Lantai Tepat di Hari Sumpah Pemuda