in

Bulan Dana PMI Blora Rp 928 Juta, Dandim : Target Terlampaui

penutupan Bulan Dana PMI Blora tahun 2022, di pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Selasa (24/1/2023). (Foto : blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Panitia Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora, dalam rentang waktu empat bulan, September 2022 sampai Desember 2022, berhasil menggalang dana Rp 928.741.309.

Ketua Umum Bulan Dana PMI Blora, yang juga Dandim 0721/Blora, Letkol Inf Andy Soelistyo, hasil itu melebihi dari target.

“Target yang ditetapkan Rp 911.500.000, realisasinya dalam empat bulan terakhir total mencapai Rp 928.741.309 (101,89 %). Target terlampaui, ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, mulai jajaran Camat, OPD, Korwil Bidik, termasuk instansi vertikal,” kata Dandim Letkol Inf Andy, dalam acara penutupan Bulan Dana PMI Blora tahun 2022, di pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Selasa (24/1/2023).

Di penutupan itu, dilakukan penyerahan hasil Bulan Dana PMI dari Ketua Umum Bulan Dana PMI 2022, Letkol. Inf Andy Soelistyo KP, kepada Ketua Umum PMI Kabupaten Blora, Sutikno Slamet, Bupati Blora Arief Rohman.

Menurut Dandim, sebagai pembeda, kali penggalangan dana bulan PMI, tim masuk ke perusahaan-perusahaan dan pengusaha besar yang ada di Kabupaten Blora agar bisa ikut berkontribusi dalam penggalangan bulan dana. Ternyata hasilnya juga positif.

Ditegaskan, dana yang berhasil dikumpulkan tersebut merupakan titipan masyarakat, bukan semata mata untuk PMI.

Sehingga harus dikelola sesuai peruntukannya di bidang sosial.

“Dari masyarakat, untuk masyarakat. Semoga kedepan Bulan Dana PMI bisa terus kita tingkatkan bersama,” kata Dandim Letkol Inf Andy, seperti dirilis blorakab.go.id.

Sementara itu, Bupati Blora, Arief Rohman, mengapresiasi hasil penggalangan bulan dana PMI 2022, yang diketuai oleh Dandim 0721/Blora itu.

Dia berharap dana yang terkumpul ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Terima kasih Pak Dandim dan seluruh anggota penggalangan Bulan Dana PMI yang telah bekerja dengan baik. Kami harap PMI bisa menyusun program yang memang dibutuhkan masyarakat. PMI merupakan mitra Pemkab dalam melaksanakan program sosial kemanusiaan. Terus berinovasi dan bersinergi dengan lembaga lainnya. Seperti Baznas, Dinas Sosial, BPBD dan lainnya,” ucap Bupati.

 

Menurut Bupati, keberhasilan bulan dana PMI ini bukan semata karena terpenuhinya target, tetapi lebih pada melatih kepekaan sosial dalam menumbuhkan rasa kemanusiaan di masyarakat.

“Kami ingin selanjutnya nanti di 2023, Ketua Umum Penggalangan Bulan Dana PMI -nya Kapolres Blora. Bergantian dengan Dandim,” sambung Bupati.

Sutikno Slamet, juga menyatakan kesiapan PMI Blora, untuk memanfaatkan dana yang terkumpul demi membantu masyarakat.

“Insya Allah PMI Blora siap mempertanggungjawabkan penggunaan dana ini dengan baik. Beberapa waktu lalu, kita juga mengirimkan bantuan senilai Rp 64.500.000 untuk korban gempa Cianjur, melalui PMI Cianjur. Sejumlah program sosial kemanusiaan dan kepalangmerahan juga kita siapkan. Kami sangat terbuka,” kata Mbah Tik, sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan penghargaan dan bingkisan kepada unit kerja yang capaian penggalangan bulan dananya mencapai 100 persen. Baik dari kategori Kecamatan, OPD, dan Korwil Bidik. (HS-08).

882 PPS Dilantik, Bupati Rembang : Kuasai Diri dan Regulasi

Ratusan Anggota PPS Diharapkan Jadi Ujung Tombak Pemilu Berkualitas di Blora